Beranda Lombok Timur Melihat Konsep Pembangunan Wisata Bupati Lotim (5-Habis)

Melihat Konsep Pembangunan Wisata Bupati Lotim (5-Habis)

BERBAGI
DOK / RADAR MANDALIKA MINIM FASILITAS: Dermaga perhubungan kampung baru yang dimanfaatkan Pokdarwis Tanjoh minim fasilitas, seperti ponton.

Pokdarwis Sambut Gagasan Bupati, Dermaga Pariwisata Harus Bagus
Sejumlah Pokdarwis di Lotim menyambut baik dan mendukung penuh gagasan Bupati Lotim, membangun pariwisata daerah ini. Mereka siap bekerjasama, untuk membangun pariwisata Lotim.
MUHAMAD RIFA’I –LOTIM

KELOMPOK Sadar Wisata (Pokdarwis) di Lombok Timur (Lotim), cukup banyak. Pokdarwis memiliki peran besar dalam memajukan pariwisata daerah ini. Sudah banyak program yang dilaksanakan para Pokdarwis, berdasarkan program proritas masing-masing.
Pokdarwis di Lotim berada di bawah pembinaan Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim. Dispar ketika melakukan promosi pariwisata, aktif melibatkan Pokdarwis. Demikian juga setiap kegiatan dan promosi pariwisata dilakukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim. Dispar dalam melakukan pembinaan, bukan saja dari segi keterampilan. Melainkan juga pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Namun pembinaan dilakukan Dispar masih sangat terbatas, karena tidak ditopang anggaran yang memadai.
Dalam pengembangan dan pengorganisiran Pokdarwis, sudah ada yang bergerak ke bidang perkoperasian, dan kini sudah berjalan baik. Salah satu koperasi yang sudah terbentuk, yakni koperasi yang bergerak di bidang jasa angkutan pariwisata jalur laut.
Di wilayah selatan, pelaku pariwisata yang bergerak di bidang jasa angkutan laut berkembang pesat. Karena memang, jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara menggunakan jasa angkutan laut ini mengalami peningkatan cukup tajam. Malah ketika hari libur panjang, para pelaku jasa transportasi laut ini kewalahan menerima pesanan dari berbagai travel yang ada.
Salah satu Pokdarwis yang saat ini memiliki perkembangan pesat di wilayah Selatan adalah Pokdarwis Tanjoh Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Lotim. Pokdarwis Tanjoh ini, begitu mendapat izin mengelola Dermaga Perhubungan Kampung Baru yang sudah lama terbengkalai. Untuk itu, Pokdarwis ini rela merogoh kantong untuk melakukan pembenahan.
Alhasil sekarang, dermaga yang dulunya kumuh, tempat pesta miras, kini tak lagi. Pemuda setempat juga diberdayakan dengan baik.
Waktu lalu, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, menyampaikan gagasan besarnya untuk membangun pariwisata daerah ini. Termasuk, memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) menganggarkan pembangunan dermaga pariwisata di Tanjung Luar. Fasilitas pendukung itu akan dibangun, agar wisatawan merasakan aman dan nyaman. Termasuk pula akan membangun Fasilitas Umum (Fasum).
Keinginan besar Bupati itu, disambut baik Pokdarwis Tanjoh. Apalagi, pembangunan pariwisata yang muaranya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini, sudah menjadi janji politik Bupati sejak lama.
“Sangat bagus mau bangun dermaga pariwisata. Tapi dermaga itu harus bagus, jangan sampai mengganggu nelayan. Yang harus dibangun juga di Tanjung Luar, adalah Sumber Daya Manusia (SDM) khusus pariwisata,” kata pendiri Pokdarwis Tanjoh, Daeng Bahtiar Rifa’i, kemarin seraya berharap pada Bupati agar dermaga Perhubungan Kampung Baru, bisa diberikan bantuan Ponton. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here