Beranda Praya Metro Kepala Kantor BPJS Buka Suara

Kepala Kantor BPJS Buka Suara

BERBAGI
MANIK HIDAYAT/RADAR MANDALIKA PELAYANAN: Sejumlah warga saat masuk ke kantor BPJS Praya, kemarin.

PRAYA —Stetemen pedas Direktur RSUD Praya, Muzakir Langkir langsung dijawab Kepala Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Loteng, Gatot Wirawan, kemarin. Pada Radar Mandalika, dia menegaskan soal aturan terbaru BPJS sudah disosialisasikan tanggal 25 Juli 2018 lalu. Sosialisasi dilakukan di Hotel Lombok Raya Mataram.
“Ini aturan lama, bukan aturan baru,” tegasnya di ruang kerjanya.
Gatot membeberkan, sesuai amanat Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan (PerDirjampelkes) nomor 3 tahun 2018, tentang penjaminan persalinan bayi baru lahir. Sudah mengatur soal bayi yang baru lahir. Atau biasa disebut neonatal esensial (tata laksana bayi baru lahir), dan menggunakan perawatan dengan sumber daya khusus.
Selain itu, berdasarkan standar pelayanan sesuai indikasi medis, dapat dibayar terpisah dari paket persalinan, dilihat pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) nomor 25 tahun 2014 tentang upaya kesehatan anak dan Permenkes nomor 53 tahun 2014 tentang pelayanan kesehatan neonatal esensial.
“Kami pihak BPJS sudah melakukan sosialisasi. Dan yang kami mengundang seluruh direktur rumah sakit, Pemerintah maupun swasta yang sudah kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan,” ceritanya.
Gatot menambahkan, sesuai PerDirjampelkes nomor 3 tahun 2014, pelayanan bagi bayi baru lahir dipasilitas kesehatan tingkat lanjut dengan BPJS. “Misalnya, lahir bayi kemudian premature dan membutuhkan perawatan khusus,” jelas Gatot.
Sementara, soal klaim yang disinggung pihak RSUD Praya per bulan Januari dipastikannya sudah dibayar tanggal 9 April. Sementara, untuk bulam Juli dibayar September. Sedang untuk bulan Agustus masih dalam proses di bagian keuangan. (cr-nik/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here