Beranda Headline Honor Ketua RT Naik Tahun Depan

Honor Ketua RT Naik Tahun Depan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA HEARING: Sejumlah pengurus PPDI Loteng melakukan hearing ke DPRD Loteng soal kesejahteraan Prades dan Kesejahteraan Ketua RT beberapa waktu lalu.

PRAYA —Kesejahteraan para Ketua RT akhirnya bakal terakomodir pemerintah mulai tahun depan. Hal ini ditegaskan melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 tahun 2018.
Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Lombok Tengah, Mariono mengatakan, dalam lampiran Permendagri Nomor 20 tahun 2018 tersebut, memang sudah dianggarkan untuk kesejahteraan Ketua RT. Baik bersifat honorium, operasional maupun lainnya. Namun mengenai besarannya, tidak dirincikan dengan jelas, namun akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa masing-masing.
“Yang jelas itu nanti diambil 30 persen dari APBDes,” ungkapnya.
Kebijakan ini pun kata Mariono, sejalan dengan upaya PPDI pada 2017 lalu saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama anggota DPR-RI Komisi II di Senayan. PPDI seluruh Indonesia dalam Rakor dan Rapimnas juga sangat memperjuangkan terkait masa jabatan Prades, termasuk kesejahtreraan Ketua RT.
Di sisi lain, Permendagri tersebut informasinya sudah ditindaklanjuti dengan Perbup tentang Draf Pedoman Penyusunan APBDes 2019 yang sumber anggarannya dari Alokasi Dana Desa (ADD). Regulasi ini juga akan menjadi acuan penyusunan RKPDes, RAPBDes hingga kemudian di APBDes 2019. Selain itu, Pemkab juga telah melayangkan edaran ke semua desa agar bisa diterapkan secara serentak.
Terpisah, Kepala DPMD Loteng, Jalaludin membenarkan kebijakan itu. Dia menjelaskan, sesuai regulasi memang mulai tahun depan kesejahteraan Ketua RT ini bakal lebih diperhatikan. Buktinya, kini akun belanja insentifnya di Siskeudes sudah dibuka. Sehingga nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here