Beranda Headline Infrastruktur Penopang Pariwisata Makin Mulus

Infrastruktur Penopang Pariwisata Makin Mulus

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA DIKEBUT: Pelebaran jalan di Jalan Jenderal Sudirman terus dikebut.

PRAYA — Infrastruktur jalan sebagai penopang menuju kawasan pariwisata di Loteng makin mulus. Pemkab juga terus menunjukan eksistensinya dalam membangun dalam menopang kemajuan pada sektor pariwisata. Ini juga dibuktikan dengan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Loteng dari tahun 2016 hingga 2021.

Bupati Loteng H Moh. Suhaili FT melalui Kasubag Humas dan Protokoler Setda Loteng, HL Herdan menyampaikan, selama ini memang capaian di masing-masing Satuan Kerja Pelayan Masyarakat (SKPM) sangat bagus. Terutama dalam menopang sektor pariwisata, dan dalam rangka mempermudah laju perekonomian masyarakat itu sendiri.
“Kita memang sudah ada terget pertahunya seperti dalam menekan angka kemiskinan ya alhamdulilah progresnya sangat bagus. Termasuk bagaimana kita membangun fisik mulai dengan membangun jalan yang saat ini bisa dirasakan oleh masyarakat, yang sebagian besar sudah mulus,” terang Herdan, Sabtu (13/10).
Herdan menjelaskan, selain pemberdayaan kepada masyarakat, pembangunan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur, jalan misalnya. Hal ini karena Loteng menjadi daerah yang banyak dikunjungi para wisatawan, sehingga secara tidak langsung sektor pendukung itu harus tetap dikedepankan.
“Program rurung reban memang menjadi andalan pak bupati dalam memajukan daerah,” tegasnya.
Herdan mengaku, pihaknya optimis, jika pembangunan tetap baik dan infrastruktur bagus. Maka secara otomatis angka kemiskinan di daerah ini, bisa ditekan dengan sangat maksimal, terlebih sinergitas antara instansi yang satu dengan instansi yang lain saat ini sangat berjalan dengan baik.
“Kita saat ini bagaimana mempertahankan infrastruktur dan irigasi yang bagus dan mantap,” tuturnya.
Selain itu, kata Herdan Loteng kini menjadi prioritas untuk dikembangkan oleh pemerintah pusat. Terbukti dengan keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut yang pembangunanya kian melejit. Maka untuk mendukung semua itu, tentunya program di masing- masing wilayah di Loteng terus dilakukan.
“Khusus dari sektor pariwisata kita dengan adanya infrastruktur jalan yang bagus ini. Maka wisatwan juga bisa meras aman dan nyaman saat berkunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri menyampaikan saat ini jika dibandingkan dengan lima tahun yang lalu, mengalami peningkatan yang sangat baik. Salah satu contoh misalnya, lima tahun yang lalu Lombok Tengah untuk Pendapapatan Asli Daerah (PAD) hanya bisa didapatkan Rp 35 miliar, namun saat ini sudah bisa mencapai Rp 200 miliar.
“Tidak itu saja, APBD kita lima tahun yang lalu hanya Rp 750 miliar dan sekarang bisa mencapai RP 2 triliun,” kata Pathul. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here