Beranda Lombok Barat Tak Intervensi Kasus Kades Kuripan Induk

Tak Intervensi Kasus Kades Kuripan Induk

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Rachmat Agus Hidayat

LOBAR —Inspektorat Lombok Barat (Lobar) tidak bisa intervensi atas dugaan kasus Kepala Desa (Kades) Kuripan Induk. Menyusul aduan sekelompok warga kepada pihak kepolisian, atas dugaan penyelewengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Sesuai surat edaran Kementerian Dalam Negeri, BPK dan Inspektorat terdapat mekanismenya. Setiap ada pengaduan yang masuk ke kepolisian maupun kejaksaan atas dugaan temuan anggaran, akan ada koordinasi dengan Inspektorat. Inspektorat melakukan audit. Hasilnya baru diserahkan kepada pihak Kepolisian atau Kejaksaan dimana tempat pengaduan itu dimasukkan.
“Berlanjut atau tidaknya (aduan) tergantung (kepolisian). Nggak bisa kita (intervensi), karena ada sudut pandang dari kepolisian atau kejaksaan,” ungkap Inspektur Inspektorat Lobar, H Rachmat Agus Hidayat, kemarin.
Selain dugaan Kades Kuripan Induk, masih terdapat beberapa aduan yang diterima Inspektorat. Seperti aduan masyarakat karena ketidak transparan anggaran. Laporan itu masuk ke kepolisian, Kejaksaan maupun Inspektorat Lobar. “Kalau yang ke kita (laporannya), langsung ditangani,” sambungnya.
Meski ada pengaduan, menurut Agus, jumlahnya tidak banyak. Sebab, langkah antisipasi sudah terlebih dilakukan. Bekerjasama dengan kepolisian, Kejaksaaan, BPK, BPKP hingga unsur dewan untuk mencegah terjadinya kemungkinan adanya penyelewengan.
“Kita kalau dibandingkan daerah lain, kita cenderung kecil untuk permasalahannya,” sebutnya.
Sebelumnya Kades Kuripan Induk, Mastur membantah tuduhan dari sekelompok warganya soal penyelewengan DD maupun ADS. Alasanya, seluruh laporan atas pengunaan DD dan ADD dari tahun 2013-2018 sudah diaudit oleh BKP maupun Inspektorat. Walaupun ada temuan, sudah juga diproses pengembaliannya.“Tidak benar yang dituduhkan itu,” tegasnya.
Ia menduga, isu tersebut sengaja dibuat oleh lawan politiknya. Mengingat Kuripan Induk merupakan salah satu desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak tahun ini. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here