Beranda Headline Suhu Politik Memanas, Sahri Siapkan Jurus Jitu

Suhu Politik Memanas, Sahri Siapkan Jurus Jitu

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Sahri

PRATENG —Camat Praya Tengah (Prateng), Sahri mengakui masih ada beberapa desa yang tengah menggelar Pilkades di wilayahnya rawan konflik. Namun demikian, pihaknya bersama Bhabinkamtibmas sudah melakukan pemetaan. Hal ini bertujuan menciptakan Pilkades aman, damai dan kondusif.
“Secara umum, kita memang sudah ajak semua cakades menandatangani pakta integritas untuk menciptakan Pilkades damai. Tapi kami harap ini juga berlaku bagi tim sukses dan pendukung masing-masing,” ujar Sahri.
Berdasarkan pemetaan dari Mapolsek Praya Tengah yang bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas di enam desa yang menggelar Pilkades, pihaknya menemukan adanya beberapa desa yang berpotensi terjadi polemik antar pendukung. Seperti di Desa Kelebuh, Pengadang, Dakung dan Batunyala. Hanya saja, meski tidak terjadi perbuatan anarkis dan adu fisik, namun para pendukung saling menjatuhkan lawan politik masing-masing. Caranya dengan mengungkap kekurangan dan kelemahan lawan politiknya. Akibatnya, tak jarang terjadi perselisihan antar masing-masing pendukung.
“Tim bersama pihak kepolisian sudah memiliki cara untuk meminimalisir jika terjadi konflik. Yang jelas, panitia sudah siap menggelar Pilkades 24 Oktober mendatang,” jelasnya.
Sementara itu, salah satu Panitia Pengawas Kecamatan, Mahip menjelaskan, pihaknya sudah menggelar Deklarasi Pillkades Damai Ceria beberapa waktu lalu. Namun Pillkades Damai tidak bisa terealisasi jika masih ada timses yang saling menjantuhkan. Karenanya, ia mengajak semua pihak agar siapapun yang terpilih nantinya harus diterima dengan bijak. Sebab hal ini berdasarkan kehendak masyarakat secara demokratis.
“Kami harap jangan ada perpecahan dalam suksesi Pilkades ini. Kita ini saudara, makanya harus saling rangkul,” harapnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here