Beranda Mataram Sampah Pinggir Jangkuk Makin Jorok

Sampah Pinggir Jangkuk Makin Jorok

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA BELUM SADAR: Tumpukan sampah bongkaran bangunan dibuang begitu saja di pinggiran Sungai Jangkuk, tak jauh dari jembatan Dasan Agung yang tengah tahap pembangunan.

MATARAM —Jembatan Dasan Agung akan menjadi ikon baru Kota Mataram. Tapi sayang, keindahan jembatan ternodai timbunan sampah maupun sisa bongkaran bangunan yang tertumpuk di pinggir Sungai Jangkuk, tak jauh dari jembatan yang masih tahap pembangunan.
“Di sini persoalannya perilaku masyarakat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram, Irwan Rahardi.
Diakui Irwan, warga pinggir kali memang minta agar difasilitasi penambahan kendaraan roda tiga pengangkut sampah. “Awal sampaikan saat sosialisasi, warga sanggup ikuti aturan pembatasan jam pembuangan sampah. Kita tetap layani secara mobile pengangkutan sampahnya, dengan mobilisasi roda tiga. Bukan tidak dilayani,” ungkap Irwan.
Terhadap sampah yang menumpuk di pinggir kali, menurut dia, merupakan akumulasi beberapa bulan. Kepada warga yang membuang sampah sembarangan memang belum dikenakan sanksi apapun. Namun kedepan, dengan rampungnya Perda Pengelolaan sampah aka nada ketegasan sanksi. “Kita dorong segera ada penerapan sanksialam wktu dekat dorong.
Kondisi sungai yang ternoda sampah, juga disesalkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, H Kemal Islam. “Harusnya ada kesadaran masyarakat. Bukan hanya mengandalkan pemerintah,” tegasnya.
Jembatan yang sudah cantik, tentunya akan ternodai dengan timbunan sampah yang ada di sisi kiri dan kanan jembatan. “Kan jadi jelek. Pemerintah tidak mampu monitor semua kawasan,” sebutnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here