Beranda Praya Metro PPN Awang Diresmikan Akhir Oktober

PPN Awang Diresmikan Akhir Oktober

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA TAK TERURUS: Sejumlah fasilitas di PPN Awang nampak tak terurus hingga saat ini.

Pak Kades: Saya Rasa Tidak Mungkin

PUJUT—Kades Mertak, Kecamatan Pujut, H Bangun mendesak Pemkab Loteng segera meresmikan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Awang. Sebab, masyarakat sekitar menaruh harapan besar terhadap keberadaan pelabuhan internasional tersebut. Di sisi lain, dengan beroperasinya PPN Awang, maka sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) pun semakin meningkat.
“Dari dulu janji terus, tapi mana?” sesalnya.
September lalu lanjut Bangun, Pemkab melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) telah memastikan bahwa PPN Awang akan diresmikan akhir Oktober ini. Hanya saja, sejauh ini belum terlihat segala persiapan untuk peresmian tersebut. Buktinya, beberapa fasilitas pendukung yang telah dibangun saat ini mulai rusak. Sama halnya dengan ketersediaan air bersih juga masih belum memiliki solusi. Instalasi jaringan air bersih pun belum nampak di areal dermaga. Selain itu, kapasitas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) hanya bisa menampung 5 ribu liter. Padahal, sejatinya yang diperlukan nelayan mencapai 50 ribu liter.
“Makanya saya rasa tidak mungkin bisa beroperasi akhir bulan ini,” ketusnya.
Di sisi lain, Bangun juga berharap Pemkab melengkapi terlebih dahulu sarana dan prasarana PPN sebelum diresmikan. Sebab dermaga ini akan digunakan dalam jangka panjang.
“Dananya Rp 90 miliar kok, masa harus jadi investasi gagal?” gumamnya.
Sementara Kepala Dislutkan Loteng, M Kamrin tetap menegaskan jika PPN Awang akan beroperasi akhir Oktober ini. Buktinya, utusan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah turun beberapa waktu lalu dan berjanji segera mengoperasikan dermaga itu.
“Kepala UPT dan petugas lainnya juga sudah datang, bahkan mulai berkantor di sana,” jelasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here