Beranda Praya Metro Mengkhawatirkan, Debit Air Terus Menyusut

Mengkhawatirkan, Debit Air Terus Menyusut

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA — Kondisi debit air yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Lombok Tengah (Loteng) kian mengkhawatirkan. Debit air sekarang terus menyusut di sumbernya di wilayah Utara.
Pihak PDAM menyampaikan, penyusutan air di sumber mata air hingga 60 persen. Akibatnya, pelanggan PDAM terpaksa digilir bisa menikmati air.
Direktur Utama PDAM Loteng, HL Kitab mengakui bahwa kondisi air yang dikelola PDAM sangat makin normal. Sehingga, debit air akan normal ketika musim hujan tiba. “Sampai sekarang hujan belum turun,” ungkapnya di kantor DPRD Loteng.
Kitab menegaskan, dengan kondisi sekarang, tentu sangat mempengaruhi pelayanan diberikan pihak PDAM. Pelayanan PDAM tidak akan maksimal sepanjang kondisi mata air tetap seperti itu. Karena minimnya air, pihak PDAM mendapatkan keluhan dari para pelanggan. Namun memang harus bagaiman lagi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak.
“Kami banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat,” ceritanya.
Dibeberkan, wilayah yang merasakan dampak paling parah sebenarnya tiga kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Pujut, Praya Barat dan Praya Barat Daya. Pasalnya, untuk pelanggan PDAM di tiga kecamatan tersebut, sumber air bakunya diambil dari Bendungan Batujai. Sementara kondisi debit di bendungan tersebut sudah mulai kering. Pihaknya PDAM Praya pun terpaksa menggilir penyaluran air bersih ke tiga kecamatan. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here