Beranda Headline Desa Mekar Sari Belum Dapat Huntara

Desa Mekar Sari Belum Dapat Huntara

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA SUDAH TERBANGUN: Inilah huntara yang terbangun di Desa Guntur Macan Gunung Sari.

Terkendala Lahan Pembangunan

LOBAR —Bantuan hunian sementara (Huntara) bagi korban gempa, sudah sebagian diterima warga Lobar yang terdampak gempa. Meski bantuan dari sejumlah relawan itu belum mencukupi, dengan jumlah rumah mencapai 72 ribu lebih. Seperti di Desa Mekar Sari Kecamatan Gunung Sari. Belum ada satu bantuan Huntara yang terbangun.
Kepala Desa Mekar Sari, Nasrudin mengaku tidak adanya lahan luas di desa manjadi alasan kenapa Huntara tak bisa terbangun. Secara geografis, desa ini berada di kawasan perbukitan. “Huntara butuh lahan luas di tempat terbuka. Itu tidak kami punya,” ujar Nasrudin, kemarin.
Kondisi itu membuat sejumlah warga memilih menetap di tenda pengungsian. Padahal, kondisi tenda pengungsian sudah mulai lapuk akibat cuaca. Ia hanya bisa berharap, bantuan hunian tetap dari pemerintah segera terealisai. Apalagi musim hujan segera tiba.
Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lobar, HL Winengan membenarkan tidak semua warga menerima Huntara. Data yang terhimpun, Lobar hanya memperoleh 4 ribu lebih bantuan Huntara. Bantuan itu berasal dari sejumlah relawan maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
“Memang Huntara itu belum menutupi sesuai jumlah kerusakan rumah yang mencapai 72 ribu lebih,” kata Winengan.
Pihaknya tetap berupaya mempercepat pembangunan hunian tetap bagi warga. Menyusul bantuan tahap II sudah diterima. “Kita berupaya mempercepat pembangunan hunian tetap,” sebutnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here