Beranda Lombok Barat APBDP Diyakini Rampung Akhir Oktober

APBDP Diyakini Rampung Akhir Oktober

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Moh Taufiq

LOBAR —Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018, terus dikebut pembahasannya. Meski sudah melampaui target waktu yang diminta pemerintah provinsi, yakni di 31 September lalu. Eksekutif meyakini, APBDP akan rampung pada 30 Oktober mendatang. “Insya Allah ada titik terang pada bulan Oktober ini. Karena situasi. Mudah-mudahan provinsi menerima alasan kita kenapa sampai terlambat,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, H Moh Taufiq, kemarin.

Di APBDP terdapat sejumlah program atau belanja daerah yang tidak akan berjalan maksimal. Akibat pengurangan anggaran dampak dari gempa yang melanda beberapa waktu lalu. Bahkan untuk tahun ini, APBDP hanya dianggarkan sekitar Rp 1,6 triliun. “Ini pun masih menunggu lagi evaluasi dari provinsi. Mungkin dari anggaran-angaran program yang kita masukan, akan mendapat koreksi lagi,” sambungnya.
Pengurangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 60 miliar sebagai dampak bencana, turut dimasukkan di APBDP. Termasuk beberapa program dan proyek penting, seperti penanganan bencana maupun proyek pusat bendungan Meninting.
Efek berkurangnya PAD juga mempengaruhi sejumlah belanja daerah yang akan dihapus di APBDP. Selain sejumlah program dan perjalanan dinas yang tak terlalu mendesak. “Apakah akan dihapus atau dipending, sambil melihat perkembangan. Mudah-mudahan pariwisata kita mulai mengeliat pada sisa bulan November-Desember ini,” imbuhnya.
Sampa saat ini, pembahasan APBDP masih pada tingkat KUA-PPAS. Diyakini Sekda, KUA-PPAS segera ditandatangani, dan masuk RAPBD. Mengenai kapan selesainya, Taufiq selalu optimistis dapat selesai akhir Oktober ini. Jika mentok, penggunaan Peraturan Bupati (Perbup) menjadi alternatifnya. “Tapi saya optimistis bisa lah dengan Perda (peraturan daerah),” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here