Beranda Praya Metro Sisik Maksimalkan Potensi Ekonomi Masyarakat

Sisik Maksimalkan Potensi Ekonomi Masyarakat

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Sohdi

PRINGGARATA —Pemdes Sisik tahun ini bakal memberikan pemberdayaan maksimal kepada masyarakat agar menjadi wirausaha tangguh. Pemberdayaan ini pun dalam rangka mendukung program pemerintah pusat, menggaungkan Program Inovasi Desa (PID).
Sekretaris Desa Sisik, Sohdi mengatakan, dalam program inovasi desa ini, pihaknya bakal mengangkat beragam keunikan desa. Salah satunya memberdayakan penganyam tikar di sejumlah dusun, seperti Dusun Jabon, Sisik dan Montong Goak. Tujuannya untuk mengangkat kembali ciri khas Desa Sisik dengan inovasi berbeda.
“Bahannya kan di sini sudah banyak, apalagi pandam berduri,” ujar Sohdi, kemarin.
Di samping itu, pihaknya berencana melatih pelaku industri rumahan (home industri) yang cukup beragam. Baik seperti peternakan telur bebek, anyaman, kripik singkong, kripik alas, hingga permentasi pakan ternak dan pengolahan pupuk kompos.
“Nanti kita siapkan alat pengemas sehingga produk mereka higienis. Sedangkan untuk pemasaran kita tajamkan di BUMDes,” ungkapnya.
Sementara pelatihan pelaku industri rumahan ini bakal menyentuh sembilan dusun. Pelatihan sendiri bakal dikoordinir oleh Kader PKK Desa Sisik. Untuk tahap awal, Pemdes menyasar enam dusun dan akan ditularkan ke dusun lainnya.
Dari program ini, pihaknya memiliki harapan besar akan program pemberdayaan yang dilakukan. Sebab setelah pelatihan usai akan ditindaklanjuti dengan pembinaan.
“Nanti opsi lainnya, kami siapkan taman di wilayah Sisik Timur untuk berjualan. Lahannya memang miliki Pemprov, tapi kita berhak memanfaatkannya,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here