Beranda Lombok Barat Golkar Diminta Turunkan Baliho Caleg

Golkar Diminta Turunkan Baliho Caleg

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Abror

LOBAR —Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Barat (Lobar) meminta Partai Golkar segera menurunkan baliho calon legislative (caleg) miliknya. Baliho caleg provinsi yang terpasang di sejumlah papan reklame di kawasan Lobar itu, dianggap melanggar ketentuan Peratuan KPU (PKPU).
Dalam PKPU jelas diatur terkait pembuatan dan pemasangan antibut kampanye. Baik dari sisi jenis, ukuran, batas pemasangan hingga zona pemasangan. Hal inilah yang dilanggar oleh pemasang baliho tersebut.
Bawaslu juga akan bersikap tegas dengan segera menurunkan baliho tersebut. “Kami akan koordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban alat peraga kampanye yang tidak sesuai dengan ketentuan PKPU,” kata Ketua Bawaslu Lobar, Abror, kemarin.
Diakui, Bawaslu tidak mampu menurunkan baliho caleg Provinsi NTB tersebut. Lantaran letaknya yang terpasang di space reklame. Sehingga butuh bantuan Satpol PP Lobar.
Sebelumnya, Bawaslu sudah melayangkan surat teguran ke partai berlambang pohon beringin tersebut. Hanya saja belum ada respon Golkar utnuk menurunkan baliho calegnya tersebut. “Pihak Golkar bilang akan menurunkan, cuma akan berkoordinasi dengan pemasangnya. Jika belum mau diturunkan, nanti kita yang turunkan,” tegasnya.
Sementara Ketua Harian DPD II Golkar Lobar, L Hermayadi berdalih penurunan baliho tergantung pemasang. Apalagi, pengusaha yang menjalankan pemasangan reklame harus sesuai kontrak yang dibuat dengan pemasang. “Itu tergantung owner baliho,” dalihnya.
Ia membantah jika Golkar sengaja melakukan pembiaran atas permasalahan ini. Ia mengaku sudah berkoordinasikan terkait baliho itu dengan DPD I Golkar NTB. Mengingat caleg yang memasang baliho itu merupakan caleg wilayah provinsi. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here