Beranda Headline Deklarasi Pemilu Aman, Bebas Hoax

Deklarasi Pemilu Aman, Bebas Hoax

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA AKSI: Penandantangan ikrar aksi damai di Makopolres Lobar, kemarin.

LOBAR —Tahapan masa kampanye pemilihan umum (Pemilu) legislative maupun presiden, sedang berlangsung. Berbagai isu sara, hoax dan ujaran kebencian menjadi atensi jajaran Polres Lombok Barat (Lobar).
Aksi deklarasi damai menjadi salah satu pencegah isu-isu itu. Acara digelar di lapangan Markas Komando (Mako) Polres Lobar, kemarin. Dihadiri seluruh perwakilan partai politik, KPU, Bawaslu dan pihak terkait lainnya.
Dekralasi damai diselingi imbauan. Kemudian pengucapan ikrar pemilu damai tanpa black campaign, sara dan hoax. Bersama Bawaslu, KPU, Polri, timses capres bersama parpol. “Aksi ini merupakan program yang sudah diagendakan. Sekaligus menjalin silahtuhrami dengan seluruh komponen masyarakat tersebut,” ujar Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi yang ditemui di ruangannya.
Ddengan telah terjalinnya silahturahmi, maka berbagai permasalahan di masyarakat terkait pemilu bisa langsung dipecahkan. Selain itu, Kapolres mengingatkan kepada para kontestan Pemilu untuk menjaga suasana tetap aman, damai dan kondusif. “Menghindari adanya berita bohong (hoax) dan juga ujaran kebencian, contohnya di sosial media,” pesannya.
Kapolres berkomitmen untuk tetap menangani kasus ujaran kebencian hingga hoax, apabila terjadi. Diakuinya, sejumlah kasus itu sedang ditangani. Beberapa kasus berusaha untuk diredam dit engah masyarakat. Guna menghindari terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
Mmasyarakat juga diminta untuk tidak mudah terpengaruh dengan isu tersebut. Apalagi hingga menyebarkannya. “Kalau ingin mengshare tolong disaring dulu, atau tidak usah dishare apabila dirasa tidak perlu,” imbaunya.
Aksi deklarasi damai mendapat apresiasi dari KPU Lobar. KPU menilai langkah yang diambil Polres itu bertujuan menciptakan Pemilu yang damai. Bebas dari hoax dan isu sara. “Kalau ini bisa tercapai, pemilu kita bisa damai, berintegritas, berkualitas dan NKRI tetap terjaga,” kata Ketua KPU Lobar, Suhaimi Syamsuri.
Ia pun mengharapkan deklarasi damai itu bukan sekadar ucapan saja oleh parpol. Namun, dibuktikan dengan tidak menyebarkan berita-berita bohong. “Saya yakin Polri akan bertindak apabila ada pelanggaran hukum. sudah beberapa kasus yang menyebarkan kabar bohong dan isu hoax langsung ditangkap jajaran Polres Lobar,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here