Beranda Headline Cakades, Harus Siap Kalah Siap Menang

Cakades, Harus Siap Kalah Siap Menang

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA DAMAI PILKADES: Kapolsek, Camat Praya dan para Cakades melakukan foto bersama, kemarin.

PRAYA — Menghitung hari pencoblosan Pilkades serentak di 96 desa di Loteng, pemerintah dan aparat terus mematangkan persiapannya. Kemarin, para Cakades di Kecamatan Praya dikumpulkan dalam deklarasi Pilkades damai siap kalah dan siap menang.
Adapun desa akan Pilkades di Kecamatan Praya yakni, Desa Jago, Mekar Damai, Aik Mual, Mertak Tombok dan Bunut Baok.
“Setiap hari kami selalu memantau baliho, situasi pilkades di Praya, jika terdapat baliho yang diganggu oleh orang yang tidak dikenal, jangan dijadikan permaslahan pemicu yang dapat mengganggu stabilitas keamanan,” pesan Kapolsek Praya, IPTU Dewa Ketut Suardana.
Selain itu, pihaknya menekankan agar semua kades tidak saling menjelekan bahkan menyebar berita hoax yang memicu konflik di tengah masyarakat. Sehingga, untuk mengatasi persoalan tersebut, pihaknya meminta BKD juga memberikan pengawalan pelaksanaan pilkades ini, dikarenakan BKD merupakan perpanjangan tangan pihak kepolisian.
“Pilkades merupakan sarana mewujudkan kedaulatan rakyat,” katanya.
Dengan perhelatan demokrasi ini, diharapkan berlangsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pihaknya tidak mengingkan karena dinamika sosial dan politik yang terjadi saat ini dapat berpotensi menimbulkan berbagai kerawanan. Bila tidak diantisipasi, maka dikhawatirkan dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan kelancaran selama tahapan pilkades.

Sementara itu, Camat Praya H Ridwan Mak’ruf menegaskan pihaknya dari kecamatan juga terlibat dalam pengawasan pilkades serentak ini. Sehingga, pihaknya sangat berterima kasih pada Kapolsek yang hari ini mengumpulkan semua calon kades untuk deklarasi damai.
“Semua ini untuk menyatukan persepsi dan bersama melaksanakan pesta demokrasi itu dengan jujur, adil dan damai,” tuturnya.
Ridwan menyatakan, masing-masing desa memiliki Cakades yang kiranya dapat menjaga stabilitas keamanan. Banyak diantara para Cakades memiliki hubungan keluarga, hal ini jangan dijadikan perselisihan jika terdapat perbedaan, namun jadikan sebagai pererat silaturahmi.
“Yang intinya bagaimana kita jadikan pilkades ini berjalan dengan aman, lancar, jujur, adil dan tetap menjaga stabiltas, kondusifitas keamanan,” pesannya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here