Beranda Headline Cakades di Pratim Sepakat ‘Tolak Kampanye Hitam’

Cakades di Pratim Sepakat ‘Tolak Kampanye Hitam’

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA FAKTA INTEGRITAS: Semua Cakades di Kecamatan Praya Timur menandatangani pakta integritas Pilkades Damai di aula kantor camat setempat, kemarin.

PRATIM —Sebanyak 30 calon kepala desa (Cakades) di delapan desa sepakat menolak kampanye hitam. Hal ini dilakukan untuk menyukseskan Pilkdes Damai di Kecamatan Praya Timur.
Pelaksana Tugas (Plt) Camat Praya Timur, Murdi mengungkapkan, untuk menciptakan Pilkades aman dan damai, ia berharap Pemdes di delapan desa yang menggelar pesta demokrasi ini sepakat untuk menolak semua bentuk kampanye hitam. Mulai dari money politic, hate speack (ujaran kebencian) hingga penyebaran hoax.
“Hendaknya juga Cakades bertarung dengan adu gagasan, ide dan pemikiran untuk membangun desa kita,” pesan Murdi.
Di hadapan 30 Cakades yang hadir, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik ini juga menyarankan agar Cakades dan semua unsur yang terlibat menjaga ruh dari demokrasi itu sendiri, yakni kebersamaan dan menghargai perbedaan. Sebab Pilkades dan jabatn Kades bukanlah suatu tujuan, namun yang lebih penting yakni keberhasilan dari proses dan tahapan-tahapan Pilkades itu sendiri.
“Kalau pun ada persoalan, hendaknya diselesaikan di tingkat desa dengan musyawarah untuk mufakat. Intinya, mari menjaga Kamtibmas untuk suksesnya gawe kita ini. Tolong juga BKD, jika ada potensi gejolak, segera disikapi sebelum membias,” tandasnya.
Sementara itu, Kapolsek Praya Timur, IPTU Nasrun yang turut hadir juga menekankan semua Cakades satu pemahaman untuk menjaga Kamtibmas selama proses Pilkades berlangsung. Kalaupun ada ada indikasi pelanggaran hukum yang dilakukan salah satu Cakades atau timsesnya, sebaiknya dikomunikasikan dengan BKD, BPD, Babinsa dan Babinkamtibmas, termasuk panitia.
“Kalau masih saja ada, silakan laporkan ke kami. Kita tidak ingin gara-gara kampanye hitam justru mencoreng jalannya Pilkades Damai,” tegasnya.
Untuk diketahui, tahun ini sebanyak delapan desa yang akan menggelar Pilkades di Kecamatan Praya Timur. Kedelapan desa tersebut yakni Desa Mujur, Marong, Semoyang, Sukaraja, Ganti, Sengkerang, Kidang dan Desa Landah. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here