Beranda Lombok Barat Sejahterakan Dulu Guru Honorer

Sejahterakan Dulu Guru Honorer

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Multazam

LOBAR —Wakil Ketua I DPRD Lobar, Multazam mendukung langkah honorer katagori dua (K2) itu yang akan melakukan aksi lanjutan ke pusat. Dewan juga tidak bisa berbuat banyak untuk membantu para K2. Mengingat persyaratan mengikuti seleksi CPNS menjadi kewenangan pemerintah pusat.

“Yang bisa kita lakukan hanya menjembatani dengan menyampaikan kepada fraksi yang ada di DPR RI,” ujarnya.
Namun ia belum tahu perkembangan dari fraksi lainnya atas aspirasi para K2 itu. Hanya Fraksi Nasdem sudah menyampaikan langsung kepada anggota DPR RI, salah satunya Kurtubi. “Kalau melihat dari pengabdian mereka, terus upah mereka, seharusnya wajib K2 diangkat menjadi PNS,” ujarnya.
Masalah sebenarnya tidak hanya terjadi di pemerintah pusat berkaitan CPNS. Namun juga di daerah menyangkut kontrak yang SK-nya diterbitkan kepala sekolah. Sedangkan guru honorer daerah diterbitkan oleh dinas terkait.
Menurut politisi Nasdem ini, terkadang kesejahteraan dari para guru itu tidak diperhatikan. Padahal jika melihat pengabdiannya, begitu luar biasa. Upah yang diterima tidak sebanding dengan pengabdiannya. “Insentif dan gaji mereka berharap diberikan setiap bulan. Ini sudah Rp 400 ribu diberikan dua bulan sekali, atau Rp 300 ribu tiga bulan sekali,” sesalnya.
Ia mengharapkan pada pembahasan anggaran tahun 2019 mendatang, ada perhatian yang diberikan kepada para guru itu. Sarannya agar tidak mengangkat guru, apabila belum bisa mensejahterakan yang sudah ada. “Saya berharap untuk tahun-tahun ke depan, jangan asal titip orang untuk menjadi honorer sekolah. Sekarang ini sudah terlalu banyak honorer, dan memang sudah efektif dari sistem kerjanya,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here