Beranda Praya Metro Petani Tembakau Sekarang Bisa Tersenyum

Petani Tembakau Sekarang Bisa Tersenyum

BERBAGI
MANIK HIDAYAT/RADAR MANDALIKA PANEN: Sejumlah petani tembakau di Desa Mujur tengah sedang panen tembakau, Selasa lalu.

PRAYA -Petani Tembakau di Desa Mujur, Kecamatan Paraya Timur (Pratim) bisa tersenyum tahun ini. Pasalnya, harga jual tembakau pada panen sekarang naik 20 persen dibanding tahun lalu.

Kepada Radar Mandalika, Sadarudin petani tembakau mengaku, dia di Dusun Bunut Baok menanam tembakau di atas lahan seluas 60 Are. Dari usaha yang dijalankan ini, ia menghabiskan modal untuk biaya keseluruhannya Rp 10 juta.
“Sekarang saya sedang memanen tembakau untuk daun keenam, hasil 2 ton dan saya menjual tembakau dengan harga 440 per kuintal,” cerita Sadarudin.
Dia menjelaskan, perbandingan harga tembakau dari tahun ketahun semakin meningkat. Demikian pula dengan harga tembakau tahun 2017. Dampak dari meningkatnya harga jual dikarenakan factor tidak banyaknya petani yang menanam tembakau. Hal ini disebabkan karena kondisi air yang tidak bisa terjangkau di sungai.
“Kita di Praya Timur ini, dijatah air melalui irigasi masing desa hanya sehari dalam sebulan penuh, sesuai kesepakatan antar desa,” uangkap Sekretaris Desa Mujur Mahrim, kemarin. (cr-nik/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here