Beranda Headline Bupati Ajak Masyarakat Kembali ke Rumah

Bupati Ajak Masyarakat Kembali ke Rumah

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika BERTEDUH: Salah satu warga saat mengungsi di salah satu rumah sementara yang dibangun salah satu relawan.

Pemda Siap Fasilitasi Bahan Huntara

KLU —Pemkab Lombok Utara mendorong semua masyarakat bisa membangun hunian sementara (Huntara) yang layak. Pemerintah pun siap memfasilitasi kebutuhan pembangunan Huntara bagi masyarakat yang hingga saat ini masih tinggal di tenda pengungsian.
Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar menyampaikan, pemerintah saat ini tetap bergerak terus membantu percepatan pemulihan pascagempa. Di samping bantuan dari para relawan dan para NGO, Pemkab juga menyokong program “Gerakan Kembali ke Rumah”.
“Sudah saatnya masyarakat kita kembali, membangun hunian dengan memanfaatkan sisa bahan rumah bekas gempa untuk membuat huntara. Apalagi sebentar lagi kan turun hujan,” ujarnya.
Huntara yang dibangun oleh relawan ataupun pemerintah nantinya kata Najmul, bersifat sementara dan tak menghilangkan hak masyarakat terhadap ganti rugi kerusakan rumah yang dijanjikan Presiden Joko Widodo.
“Yang perlu dimengerti, huntara ini adalah sisi lain. Jadi tidak termasuk regulasi pemerintah pusat,” jelasnya.
Pemkab pun berencana menyiapkan kebutuhan pembuatan huntara bagi masyarakat, seperti triplek dan bahan penunjang lainnya yang dibutuhkan.
“Masyarakat bisa memanfaatkan bahan dari puing bangunan lama. Kalau ada kekurangan triplek, atap dan lainnya bisa dibantu,” tuturnya.
Selain itu Najmul juga berpesan agar masing-masing kepala dusun berkoordinasi mengenai apa yang dibutuhkan masyarakat kepada pemerintah. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here