Beranda Praya Metro Beber Dapat Program Pamsimas

Beber Dapat Program Pamsimas

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Heriatno

BATUKLIANG —Desa Beber tahun ini mendapat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) dari pemerintah pusat. Program berbentuk pembangunan sumur bor ini didukung Bank Dunia.
Kepala Desa Beber, Heriatno mengatakan, lokasi pembangunan sumur bor ini berada di Dusun Lendang Tampel. Keberadaan sumur ini nantinya bisa dinikmati 250 KK, baik di Dusun Lendang Tampel Daye maupun Lendang Tampel Lauq.
“Guna memuluskan proyek ini, kita dapat suntikan dana dari pusat. Hanya saja sebagian dana harus ditalangi Pemdes dan juga masyarakat yang menikmati program ini,” terangnya.
Ia menjelaskan, pembangunan program sumur bor ini menyedot anggaran Rp 300 juta. Sementara dana yang digunakan berdasarkan sharing anggaran dari APBN sebanyak 70 persen. Sedangkan dari APBDes ditalangi sebanyak 10 persen dan 20 persen sisanya dari urunan masyarakat.
“Untuk Pemdes, ya sekitar Rp 42 juta,” jelasnya.
Terkait manajemen dari Pamsimas sendiri, pihaknya sudah membentuk Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM). Tujuannya mengkoordinir warga yang melakukan pembayaran air melalui program Pamsimas ini. Di sisi lain, pengurus KKM juga sudah memiliki keahlian mengelola Pamsimas setelah melakukan studi banding ke sejumlah wilayah.
“Yang jelas kita pastikan biaya bulanan lebih murah dibanding PDAM,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here