Beranda Mataram Ayo Pahami Data BPS dengan Benar

Ayo Pahami Data BPS dengan Benar

BERBAGI
ririn/radar mandalika SAMBUTAN: Kepala BPS Kota Mataram, Isa Ansori saat memberikan sambutan di acara Expose Data Dalam Rangka Hari Statistik Nasional 2018, kemarin.

MATARAM —Badan Pusat Statistik (BPS) tak bisa sembarangan melakukan survei. Harus berdasarkan metodologi dan konsep yang sama seluruh Indonesia. Kenapa harus sama? “Survei harus serempak dan sama, agar dalam penyajiannya sama ukurannya se Indonesia. Dari segi waktu juga harus sama,” kata Ketua BPS Kota Mataram, Isa Ansori saat pembukaan acara Expose Data Dalam Rangka Hari Statistik Nasional 2018, kemarin.
Dikatakan, jika survei dilakukan pada waktu berbeda tentu hasilnya juga berbeda. “‎Karena kehidupan dinamis atau mengalami perubahan. Sehingga pengukuran survei harus sama,” ujarnya lagi.
Mengenai kegiatan exposes data ini, merupakan bagian dari peringatan Hari Statistik Nasional yang jatuh pada tanggal 26 September. Data yang dikeluarkan BPS selama ini menjadi bahan evaluasi guna melihat progres pembangunan yang dilaksanakan‎. “Lembaga statistic juga harus independen. Serta melaksanakan survei berdasarkan metodologi yang dipetakan BPS pusat dan mengacu kepada ketentuan pusat. Baik secara konsep maupun metodologi,” paparnya.
Seperti saat pengukuran angka kemiskinan, harus berdasarkan konsep dan metodologi yang sama seluruh Indonesia. “Mengukur angka kemiskinan bisa berbagai metodologi. Tapi BPS hanya mengacu pada satu konsep, dan diterapkan di seluruh Indonesia,” imbuhnya.
Ekspose data ini, lanjut Isa, sebagai langkah BPS untuk mensosialisasikan penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Sehingga masyarakat diharapkan tahu data BPS, dan lebih banyak lagi data-data yang bisa dipahami masyarakat. “Banyak masyarakat kurang paham data statistik. Seperti inflasi deflasi. Harapannya selesai kegiatan bisa memahami data-data yang dihasilkan BPS, sehingga tidak ada persepsi berbeda-beda,” ujarnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here