Beranda Praya Metro Teduh Jadi Penyangga KEK Mandalika

Teduh Jadi Penyangga KEK Mandalika

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Jumadil Awal

PRABARDA —Pemerintah Desa Teduh, Kecamatan Praya Barat Daya mulai mempersiapkan diri menjadi desa penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Salah satu langkahnya, Pemdes bakal menjadikan sektor pertanian sebagai sektor unggulan.

Kades Teduh, Jumadil Awal menjelaskan, wilayahnya saat ini masuk ring kedua KEK Mandalika. Karena itu, beragam persiapan demi merealiasikan agar desanya menjadi penyangga kawasan KEK Mandalika. Sektor pertanian sendiri akan dikhususkan untuk pengembangan tanaman-tanaman hortikultura, seperti wortel, sawi, kubis, singkong dan beberapa jenis tanaman lainnya.
“Produksi para petani inilah yang nanti kita jual untuk melengkapi kebutuhan pengusaha di KEK Mandalika,” ungkapnya.
Untuk memuluskan rencana ini pun, Pemdes bersama Poktan sudah sepakat untuk pengembangan tanaman-tanaman hortikultura tersebut. Sebagai langkah awal yakni memperbaiki air irigasi, agar lahan pertanian tidak lagi kekurangan air irigasi.
“Nanti air dari Sungai Dodokan akan kita sedot. Untuk mesin pompanya, kita anggarkan Rp 250 juta melalui Dana Desa. Kalau cara ini sukses, petani kami pasti tidak kalah produktifnya dengan petani di kawasan utara,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here