Beranda Lombok Timur PGRI Perjuangkan K2 Kelewat Umur

PGRI Perjuangkan K2 Kelewat Umur

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Yunus

LOTIM – Honorer Katagori Dua (K2), terus memperjuangkan nasibnya agar mendapat pengkhususan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tidak sedikit jumlah K2 dengan usia di atas 35 tahun. Sementara syarat umur CPNS maksimal 35 tahun. Para pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lombok Timur (Lotim) mengaku tetap memperjuangkan nasib para guru tersebut.
Informasi berkembang setelah PGRI melakukan lobi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) serta Menteri Sekretaris Negara (Menseneg). K2 yang tidak memenuhi syarat umur atau di atas 35 tahun akan diakomodir melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).
“Seleksi P3K setelah tes CPNS,” kata Yunus, Wakil Ketua PGRI Cabang Lotim, pada awak media, kemarin.
Setelah PGRI pusat bertemu Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), beberapa waktu lalu. Disinggung masalah rekrutmen CPNS, termasuk dari kelompok honorer K2, yang ingin mendapat prioritas. Dijelaskan Dirjen, ada 11 ribu lebih honorer K2 yang sudah datanya di Kemenpan RB dan 100 ribu pelamar umum. Data honorer K2 sebanyak 11 ribu lebih di Kemenpan RB ini, yang dinyatakan layak mengikuti seleksi CPNS.
“Kami tidak banyak paham kriteria 11 ribu lebih honorer K2 itu. Mungkin mereka yang dulu dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sekarang Memenuhi Syarat (MS). Tapi yang jelas, yang TMS karena faktor umur, akan diakomodir lewat P3K,” tandas Yunus yang juga Kanit Dikbud Sikur ini.
Menurutnya, harapan menjadi CPNS bagi mereka di atas 35 tahun, sangat tipis. Pasalnya, undang-undang dan Peraturan Pemerintah (PP), sudah mengatur batasan umur. Terkecuali, undang-undang tersebut diamandemen. “Kami PGRI LombokTimur selalu koordinasi degan PGRI provinsi dan pusat, mencari solusi tepat agar tidak melanggar aturan. Terutama, guru yang sudah lama mengabdi, diberikan solusi agar bisa diakomodir,” pungkas Yunus. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here