Beranda Lombok Utara Pemda Belum Kirim Data ke Pusat

Pemda Belum Kirim Data ke Pusat

BERBAGI
Dok/RADAR MANDALIKA Hadari

KLU —Bantuan dana jaminan hidup (Jadup) bagi para korban bencana gempa di Lombok Utara hingga kini belum dapat direalisasikan. Selain masalah mekanisme, hal ini juga dipicu kurang proaktifnya pemerintah daerah melaporkan data kepada pemerintah pusat (Kementerian Sosial).

“Ya, memang kita belum melaporkan datanya. Masihm proses verifikasi. Kan kita harus masukan dulu data nama kepala keluarga dan jumlah anak dan istrinya,” ungkap Kadis Sosial Lombok Utara, Hadari.
Ia menjelaskan, lambannya proses pelaporan dokumen hasil verifikasi daerah ke pusat karena masih menunggu proses pendataan di daerah yang masih berlangsung. Dimana nantinya kata Hadari akan dilaporkan sekalian data dan jumlah secara keseluruhan nama penerima dan jumlah anggota keluarganya yang tentu berhak menerima, yakni warga yang rumahnya mengalami rusak berat di Lombok Utara.
“Masih ada waktu sembilan hari lagi. Kita upayakan minggu depan sudah tuntas, biar sekalian kita laporkan,” ungkapnya.
Untuk penanganan pasca gempa dalam pemberian Jadup ini lanjut Hadari, kabarnyan pendataan calon penerima jadup untuk data yang masuk di pemerintah pusat baru dari Sumbawa Barat dan Lombok Tengah. Sementara kabupaten/kota lainnya, termasuk Lombok Utara belum melaporkan.
Namun, setelah dokumen lengkap diterima, Kemensos juga kabarnya akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap daftar calon penerima jadup ini. Kemensos akan memprioritaskan warga yang rumahnya mengalami rusak berat, juga bagi yang telah kembali dari pengungsian ke hunian tetap atau sementara. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here