Beranda Praya Metro Pathul Lepas Kirab Pataka Loteng

Pathul Lepas Kirab Pataka Loteng

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SIMBOL DAERAH: Sekda HM Nursiah dan Camat Pujut, Lalu Sungkul saat menyerahkan bendera simbol daerah di wilayah Pujut.

PRAYA — Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri melepas pasukan kirab pataka Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), di halaman kantor bupati, kemarin.
Pelepasan dan penyerahan bendera pataka kepada Ketua HUT Loteng ke-73, HM Nursiah kemudian akan diserahkan kepada Camat Pujut. Dalam kirab petaka ini, melalui zone Empak Bau yakni Kecamatan Pujut, Praya Barat dan Praya Barat Daya. Rutenya dari Desa Puyung, Desa Sukarare, Darek, Mangkung dan finish di Desa Sengkol. Tepatnya di halaman gudang Bulog Sengkol.
Selanjutnya, bendara pataka Loteng akan bermalam di kantor camat setempat yang kemudian nantinya kembali ke Kecamatan Batukliang Utara, dan kecamatan lainnya secara digilir.
“Kirab pataka akan keliling sampai tiga zone yakni, zone empak bau tunjung tilah dan aik meneng. Ini dilakukan guna menyemarakkan hari jadi HUT Loteng tanggal 15 Oktober,” terang Kabag Humas dan Protokoler Setda Loteng HL Herdan, kemarin.
Herdan menyampaikan, kirab pataka merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang puncak HUT Loteng. “Setiap tahun kita berikhtiar mengarak bendera pataka lambang kebesaran Loteng ini,” ceritanya.
Sementara itu, Sekda Loteng, HM Nursiah menyampaikan, kirab petaka yang membawa bendera merah putih dan lambang daerah itu menunjukan terkait adanya simbol daerah yang perlu disyukuri bersama. Karena dengan adanya simbol maka tentunya memiliki wilayah yang memiliki potensi masing- masing.
“Untuk itu kita selaku masyarakat Loteng harus bangga dengan banyaknya potensi yang kita miliki,” katanya.
Untuk itu, kedepan masyarakat diminta untuk ambil bagian dalam memajukan daerah, tentunya dengan ikut berpartisipasi menyumbangkan tenaga, pikiran bahkan materi untuk mengembangkan daerah yang sama- sama di cintai ini. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here