Beranda Lombok Timur Bawaslu Deadline Panwas Pencermatan DPT

Bawaslu Deadline Panwas Pencermatan DPT

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Retno Sirnopati

LOTIM – Hingga saat ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur (Lotim), masih melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Meski baru masuk enam kecamatan, sehingga Bawaslu memberikan Panwascam deadline segera menyerahkan hasil pencermatan.
“Agar dua tiga hari kedepan, hasil pencermatan DPT sudah bisa kita rekap, untuk direkom ke KPU,” kata Retno Sirnopati, Ketua Bawaslu Lotim via ponselnya kepada Radar Mandalika, kemarin.
Ia menjelaskan, enam kecamatan hasil pencermatan beberapa waktu lalu sudah direkomendasikan pada KPU. Dari enam kecamatan itu, sedang dilakukan pencermatan bersama di lapangan. Pencermatan bersama yang masuk dalam rekomendasi Bawaslu pada KPU, yakni adanya item pemilih ganda. Dimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) sama, nama sama, KK sama dan tempat tanggal lahir sama, jumlahnya sebanyak 440 pemilih. Selain itu, terdapat 198 orang pemilih baru belum masuk dalam DPT yang harus dimasukkan. Serta sebanyak 1046 orang pemilih NIK sama, namun orangnya berbeda.
“Kemungkinan besar masalah serupa juga terjadi di kecamatan lain. Melihat contoh di enam kecamatan jumlahnya signifikan, kemungkinan ribuan lagi akan ditemukan di kecamatan lain,” tegasnya.
Selain mencermati NIK ganda dengan orang yang sama, NIK ganda dengan orang yang berbeda dan sebagainya, juga mencermati data yang diragukan dan harus difaktualkan. Satu contoh, Bawaslu belum lama ini menerima laporan dari Panwascam Selong tentang adanya temuan baru. Yakni, nama pemilih di KTP menggunakan nama saat muda. Sedangkan di DPT menggunakan nama “peramak” atau “perinaq” (penggunaan nama anak paling besar).
“Data temuan ini, masih sedang kami kumpulkan. Masalah seperti ini, harus difaktualkan,” pungkas Retno. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here