Beranda Headline 50 Cakades Deklarasi Pilkades Damai

50 Cakades Deklarasi Pilkades Damai

BERBAGI
DEKLARASI: Para cakades Se- Kecamatan Pujut berdiri saat membaca ikrar Pilkades Damai di halaman gudang Bulog Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, kemarin.

PUJUT —Sebanyak 50 calon kepala desa (Cakades) di Kecamatan Pujut melakukan deklarasi pilkades damai, kemarin. Deklarasi ini bagian dari upaya untuk bersama-sama dan sepakat menjalankan pesta demokerasi pada 24 Oktober mendatang dengan lancar aman dan damai.
“Ada 13 desa yang menggelar Pilkades di Kecamatan Pujut tahun ini. Karena selama ini Pujut rawan konflik, terlebih saat Pilkades. Maka dengan deklarasi ini kita harapkan tidak ada lagi persoalan yang terjadi, karena memang kita adalah saudara,” ungkap Ketua Panwas Kecamatan Pujut, Lalu Sungkul.
Sungkul juga mengajak semua Cakades bersama-sama memahami bahwa pesta demokrasi ini merupakan proses. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak dijalankan dengan nuansa persaudaraan dan mengedepankan kebersamaan. Jika ada persoalan, hendaknya mengedepankan musyawarah untuk menyelesaikannya.
Selain itu, ia juga mengajak
seluruh elemen, terutama Cakades dan timses masing-masing menaati aturan yang berlaku. Jangan sampai membuat sesuatu yang mengundang polemik dan gesekan di desa.
“Jangan ada money politic juga. Buktikan bahwa Pujut itu nyaman dan bisa berdemokrasi dengan sehat,” pinta pria yang juga menjabat Camat Pujut ini.
Sementara itu, Sekda Loteng, HM Nursiah juga berpesan kepada para Cakades. Para calon harus bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa mereka layak untuk mengemban amanah itu, namun bukan dengan menghalalkan segala cara.
“Yang menentukan saudara layak menjadi kades kan masyarakat. Untuk itu kami berharap calon-calon ini bisa bersaing secara sehat,” jelasnya.
Nursiah menjelaskan, siapapun yang terpilih nanti, itulah kemenangan masyarakat. Sebab Pilkades adalah proses untuk mencari pemimpin, bukan tujuan dari demokrasi.
“Karena sukses tidaknya pesta demokrasi ini juga dilihat dari prosesnya,” jelasnya.
Untuk diketahui, 13 desa yang akan menggelar Pilkades di Kecamatan Pujut tahun ini yakni Desa Pengembur, Prabu, Tumpak, Tanak Awu, Ketara, Sengkol, Rembitan, Kuta, Sukadana, Segala Anyar, Kawo, Teruwai dan Bangkat Parak. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here