Beranda Praya Metro Sudah Sebulan, Warga Marong Krisis Air

Sudah Sebulan, Warga Marong Krisis Air

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA – Kurang lebih sudah sebulan, warga Desa Marong, Kecamatan Praya Timur mengalami krisis air bersih. Ada 16 dusun di desa setempat dengan kondisi yang sama.
Sekdes Marong Sarmidi menceritakan, dimana sejak bulan September lalu desanya dilanda kekeringan. Bahkan sampai sekarang. Untuk kebutuhan sehari-hari, warga mengambil air di sejumlah sumur yang masih terdapat air seadanya. Sementara, air sungai tidak bisa dimanfaatkan karena kotor.
“Ada air tapi tidak mengalir, makanya warga khawatir mengambil di sungai,” kata Sarmidi, kemarin.
Untuk mencuci pakaian, masak dan minum warga hanya mengandalkan air dari sumur. Bahkan, rela menunggu berjam-jam untuk mendapatkan air. “Kadang juga warga menamung air bersih dari saluran pipa PDAM yang kita masukan ke dalam sumur. Itupun tiga hari sekali air PDAM keluar,” ceritanya.
Dia menambahkan, dari 16 dusun di Desa Marong ada dua dusun belum tersentuh air bersih dari PDAM. Dusun Penangsak dan Dusun Rundu.
“Kami berharap pemerintah segera mendroping air bersih ke wilayah kami,” harap dia.
Sementara itu, Haer warga desa setempat menceritakan jika setiap musim kemarau tiba, krisis air bersih selalu menghantui warga. Selama ini, Haer mengambil air seadanya di sumur miliknya.
“Itupun airnya seadanya pak,” cerita dia. (cr-nik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here