Beranda Praya Metro Musnahkan Barang Haram Sabu

Musnahkan Barang Haram Sabu

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA BAKAR: Aparat gabungan, Polres, Kejari, pihak pengadilan dan Kepala Dikes Loteng saat melakukan pemusnahan barang bukti narkotika, kemarin.

PRAYA – Aparat kepolisian, kejaksaan, pihak pengadilan dan pemerintah melalui Dikes Loteng bersama-sama memusnahkan barang bukti (BB) sabu kasus tahun 2017 sampai 2018, kemarin.
BB yang dimusnahkan, sabu dengan berat 11,8 gram. Selain itu, petugas juga memusnahkan alat isap sabu atau bong tujuh buah dan plastik bening 350 biji, korek api sebanyak 16 buah serta satu buah alat timbangan.
Plt Kasi Pidum Kejari Loteng, Edi Tanto Putra menyampaikan, BB narkotika yang dimusnahkan itu merupakan barang bukti perkara dari dua tahun silam. Dimana dengan jumlah perkara sebanyak 17 kasus dan pelaku sebanyak 18 orang. Pemusnahan dilakukan selain karena perkara sudah tuntas, juga untuk menghindari BB tersebut hilang.
“Barang bukti yang dimusnahkan tersebut, perkaranya yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah,” jelas dia.
Selain BB narkotika jenis. Ada juga dari kasus kriminali berupa sejata api rakitan beserta ratusan peluru yang rencananya ingin dimusnahkan. Namun karena pihak Kejaksaan belum mengetahui mekanisme untuk pemusnahan senjata rakitan itu, sehingga pihaknya akan menyerahkan ke Kodim untuk pemusnahannya.
“Karena ini meruapakan sejata api,” ujarnya.
Menurut dia, dari berbagai kasus dan perkara yang ditangani yang paling mendominasi narkoba. Sehingga untuk mengantensi kasus tersebut, memerlukan semua pihak terutama para orang tua maupun tokoh masyarakat sekitar ikut ambil bagian. Pasalnya, pihaknya menemukan sebagian dari pelaku dari berbagai kalangan. Termasuk ada juga masuk anak yang masih di bawah umur.
Untuk itu, pihaknya menilai perdaran narkoba sekarang sudah masuk hingga pelosok desa, bahkan hingga pelajar. “Kami imbau masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam mengurangi peredaran narkotika,” serunya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Loteng, AKP Muhaemin menambahkan, untuk memberantas peredaran narkoba ini, tidak hanya menjadi tugas dari aparat kepolisian semata. Namun peran semua pihak terutama masyarakat sangat penting sekali. Untuk itu, polisi selalu menekankan kepada masyarakat jika menemukan warga yang teridikasi memakai serta mengedarkan, agar segera dilaporkan.
“Tidak lama ini kami sudah melakukan rehab terhadap pengguna narkoba ke BNN,” sebutnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here