Beranda Praya Metro DPMD Dorong Inovasi Desa Terwujud

DPMD Dorong Inovasi Desa Terwujud

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA PEMBUKAAN: Fasilitator PID bersama pejabat di DPMD Loteng saat menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam pembukaan sosialisasi program inovasi desa di Aula SMKN 1 Praya, kemarin.

PRAYA —Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Tengah menggelar sosialisasi seputar peningkatan kapasitas teknis desa bagi tim penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) Loteng, kemarin. Kegiatan ini dihajatatkan untuk mendampingi Pemdes agar ke depan ada upaya pengembangan ekonomi lokal, kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur desa.
Kepala DPMD Loteng, H Jalaludin menerangkan, tim P2KTD ini terdiri dari lima orang per desa. Mereka berkomitmen mewujudkan Program Inovasi Desa (PID). Salah satunya dengan melakukan inventarisir potensi desa agar bisa memilah dan mengidentifikasi potensi wilayah yang dimiliki.
“Pemdes butuh pengawalan agar desa makin berkembang dan punya ciri khas tersendiri,” kata Jalal.
Ia mengakui, program ini tidak hanya bersifat seremonial. Sebab Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bakal terus mengawal potensi desa yang berkembang dan maju agar bisa didanai dari pusat.
“Apa saja yang jadi keunggulan desa perlu didiskusikan terus. Sehingga inovasi didorong menjadi program desa dan dibiayai APBDes,” bebernya.
Tindaklanjut dari kegiatan sosialisasi ini, Pemdes bersama perangkat desa bisa membentuk peraturan desa (Perdes) atau awik-awik seputar pengelolaan potensi desa. Misalnya, penataan lingkungan warga, penangan sampah, sanitasi berbasis masyarakat.
“Kita perlu lompatan dalam menerapkan inovasi desa. Jika ini terwujud maka Kemendes bisa memberikan beragam bantuan untuk kemajuan desa, seperti rabat, MCK hingga pembenahan lingkungan,” tegasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here