Beranda Praya Metro Desa Induk Dorong Pemprov Verifikasi Lanjutan

Desa Induk Dorong Pemprov Verifikasi Lanjutan

BERBAGI

LOTENG —Sejumlah kepala desa di Lombok Tengah mendesak Pemprov NTB segera melakukan verifikasi lanjutan atas usulan pemekaran 35 desa yang diajukan Pemkab beberapa waktu lalu. Bagi para kades, pemekaran sangat dibutuhkan agar program pembangunan desa lebih merata.

Kades Mertak, H Bangun misalnya. Ia menjelaskan, 2019 mendatang akan ada Pileg dan Pilpres yang bisa menghabiskan konsentrasi. Saat itu kata dia, sangat tidak memungkinkan untuk melakukan verifikasi lanjutan tersebut.
“Kalau diulur-ulur pasti akan lebih sulit lagi nanti. Mending lebih cepat,” ujarnya.
Hal senada dikatakan Kades Pendem, H Zainudin. Jika melihat kesiapan dari desa induk maupun calon desa persiapan, dirasa sudah tidak ada persoalan. Sehingga pihaknya sudah siap, seperti saat verifikasi yang dilakukan Pemkab Loteng beberapa waktu lalu.
“Syarat-syarat dan Perbupnya kan sudah lengkap. Jadi apa lagi yang ditunggu,” pungkasnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng, Jalaludin memastikan 35 calon desa persiapan di Loteng tidak ada yang dicoret. Sebab pemekaran desa yang diajukan semuanya sudah diajukan ke provinsi. Hanya saja mengenai kapan provinsi akan turun memverifikasi, sejauh ini Jalal belum mengetahuinya secara pasti. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here