Beranda Lombok Barat BPD Baru Siap Dilantik

BPD Baru Siap Dilantik

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA KONSULTASI: Panitia Pilkades Desa Kebon Ayu saat koordinasi dengan DPMD Lobar di kantor dinas setempat, kemarin.

LOBAR —Pemkab Lombok Barat (Lobar) terus berupaya segera melantik sejumlah Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Menyusul sudah dimulainya tahapan pembentukan panitia Pemilihan Kepala (Pilkades) serentak tahun 2018. Langkah itu dilakukan guna menghindari terjadinya masalah di kemudian hari.

“Sedang diproses, akan segera kita upayakan,” ujar Asisten I Setda Lobar, H Ilham, kemarin.
Pelantikan BPD terus direncanakan bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lobar. Apakah nantinya dilantik secara sekaligus oleh Bupati Lobar, atau justru didelegasikan kepada masing-masing kecamatan. Termasuk juga membahas pemberian pelatihan bagi pada BPD baru tersebut.
“Kita akan bicarakan lebih lanjut, dalam waktu sesingkat-singkatnya. Akan kita segera rencanakan dan diskusikan (untuk pelatihan) dengan DPMD dan desa, teknisnya nanti bagaimana,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala DPMD Lobar, L Edi Sadikin mengaku jika Surat Keputusan (SK) BPD terpilih sudah ada. Tinggal mengukuhkan para BPD tersebut. Disamping itu, pihaknya terus mengenjot sejumlah desa yang belum mempembarui BPD-nya.
“Kami sudah punya pola untuk mempercepat proses pelantikan. Bisa pelantikan bersama dilakukan pak Bupati, atau cara kedua diberikan pelimpahan kewenangan (mandat) kepada camat oleh bupati untuk melantik,” bebernya.
Terkait pelatihan bagi BPD baru, Edi memastikan akan ada diberikan. Rencananya, pembekalan itu akan diberikan sebelum pelantikan BPD. Materinya, tentang tugas dan fungsi BPD. Termasuk menjadi panitia pilkades nantinya.
Sesuai jadwal, pembentukan panitia Pilkades paling telat tanggal 12 Oktober. Sejauh ini sudah ada beberapa desa yang membentuk panitia pilkades. Dari 77 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak, salah satunya Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung. Segala persiapan terus dilakukan oleh panitia Pilkades desa setempat. Termasuk berkonsultasi dengan DPMD, terkait RAB dan sebagainya.
“Untuk tahapan awal kita masih konsultasi dulu sama DPMD, kemudian persiapan RAB. Setelah itu kita sosialisai lanjutan dan teknisnya,” kata Ketua Panitia Pilkades Desa Kebon Ayu, Rasimin Abdul Malik.
Diakuinya, panitia Pilkades ini baru terbentuk pada tanggal 5 Oktober lalu. Sehingga masih banyak yang harus koordinasikan. Terkait anggaran anggaran Pilkades dari desa, masih belum ditentukan. Hanya saja diperkirakan akan dianggarkan sekitar Rp 70 juta. “Kalau pemilih, sekitar 5300 DPS (daftar pemilih sementara),” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here