Beranda Lombok Timur Upaya Kasat Lantas Ketika Kontraktor Tinggalkan Sisa Material Proyek

Upaya Kasat Lantas Ketika Kontraktor Tinggalkan Sisa Material Proyek

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA ANGKUT: Kasat Lantas terjunkan personel memindahkan gundukan tanah dan pasir, demi mencegah terjadinya Lakalantas.

Cegah Lakalantas, Sigap Angkut Sendiri Sisa Material Proyek
Sisa material pengerjaan taman jalan jalur dua Pertamina hingga Gelang, dibiarkan menumpuk begitu saja, tanpa dibersihkan pascapekerjaan selesai. Padahal itu bisa membahayakan.
MUHAMAD RIFA’I – LOTIM
ANGKA Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Lombok Timur (Lotim), dari tahun ket ahun mengalami penurunan. Meskipun jumlah penindakan dalam bentuk penilangan masih relatif tinggi. Disebabkan pengendara yang demi gaya-gayaan ogah melengkapi diri dengan helm, atau pun surat-surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM).
Kendati demikian, tidak membuat jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lotim mengendorkan berbagai program ke tengah masyarakat. Salah satunya, melakukan safari keselamatan kepada masyarakat, memberikan edukasi keselamatan pada para siswa, hingga mengambil tindakan refresif berupa tilang.
Beragam kegiatan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan para siswa, tidak lain untuk mencegah Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) fatal. Apalagi, Lakalantas menyebabkan luka berat hingga Meninggal Dunia (MD), masih didominasi anak bawah umur dan tidak dilengkapi dengan kelengkapan berkendara. Ditambah lagi, melakukan kebut-kebutan di jalanan.
Di bawah kendali Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Lotim sebelum-sebelumnya, penyuluhan pada masyarakat dan edukasi ke semua sekolah, tidak pernah terputus. Kendati Kasat Lantas Polres ini tetap berganti. Mereka memiliki strategi masing-masing dalam memberikan penyadaran, untuk menurunkan angka pelanggaran dan Lakalantas.
Saat ini di bawah komando Kasat Lantas AKP Ryan Faisal SIK. Banyak terobosan yang sudah dijalankan. Terutama, untuk mencegah Lakalantas. Sebab, Lakalantas tidak saja disebabkan karena pengendara tidak menaati aturan seperti tidak menggunakan helm dan SIM, atau kebut-kebutan. Tetapi lakalantas juga bisa disebabkan karena jalan berpasir, mengakibatkan pengendara terpeleset.
Beberapa waktu lalu, pemerintah melakukan perbaikan taman jalan jalur dua sepanjang jalur Pertamina Pancor, hingga Gelang. Pekerjaan ini, sudah selesai sejak beberapa pekan lalu. Namun oleh rekanan, setelah selesai melakukan pekerjaan, sisa material berupa pasir dan tanah ditinggalkan begitu saja tanpa melakukan pembersihan kembali. Demikian juga tidak ada tanda dipasang, bahwa di sana banyak tumpukan pasir dan tanah sisa pekerjaan.
Dengan sigap tanpa pikir panjang, Kasat Lantas Polres Lotim AKP Ryan Faisal SIK langsung turun bersama personelnya, mengangkut sisa material proyek tersebut. Tanah dan pasir sisa pekerjaan itu, diangkut dan dipindahkan pada tempat yang sudah disiapkan.
Langkah itu diambil, karena tak ingin terjadi lakalantas. Jangan sampai menyebabkan Lakalantas, baru gundukan pasir dan tanah itu diangkut.
Upaya Ryan, mendapat tanggapan positif dari masyarakat Lotim umumnya. Apresiasi itu juga diberikan para punggawa daerah ini. Karena memang, keberadaan gundukan sisa material ini, cukup mengganggu arus lalu lintas di jalur tersebut. “Mending kita cegah dulu, dengan segera membersihkannya. Ketimbang dibersihkan setelah terjadi kecelakaan,” kata AKP Ryan Faisal, SIK pada awak media. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here