Beranda Lombok Timur Pertahankan DBHCHT Berbentuk Uang Tunai

Pertahankan DBHCHT Berbentuk Uang Tunai

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA PANEN: Para petani tembakau Virginia sedang melakukan panen tembakau, dan akan mendapatkan dana DBHCHT.

LOTIM – Tahun ini, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Lombok Timur (Lotim) sebesar Rp 17,2 miliar. Dana itu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) beberapa waktu lalu, sempat diwacanakan ingin dialihkan semua untuk fisik. Namun bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian mempertahankan dana tersebut dalam bentuk tunai.
“Karena proses sudah jalan. Itu alasan utama kami minta tidak digeser dan tetap dalam bentuk tunai,” kata Asairul Kabir, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Lotim, kemarin.
Lanjut Kabir, proses verifikasi DBHCHT sudah selesai dan tinggal dilakukan finalisasi saja. Jumlah penerima DBHCHT tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian juga areal tanam mengalami peningkatan. Baik petani tembakau Virginia dan tembakau Rajang.
Karena belum final sambung Kabir, sehingga belum bisa pastikan berapa jatah masing-masing penerima. Baik petani Virginia maupun Rajang. Saat final nanti, baru akan diketahui berapa porsi masing-masing penerima. Kalau jumlah bertambah seperti ini, jelas sama-sama sedikit. “Kalau bulan ini semua sudah selesai, Insya Allah November mendatang sudah bisa cair,” tambah Kabir.
Dalam realisasi DBHCHT ini, aturannya tetap sama maksimal dua hektare. Sementara yang kurang dari dua hektare, dilakukan secara kelompok. “Masalah ditemukan disetiap verifikasi sama seperti tahun-tahun lalu. Tapi alhamdulillah belajar dari pengalaman sebelumnya, sehingga tidak terlalu banyak persyaratan yang kurang untuk dilengkapi,” pungkas Kabir. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here