Beranda Headline Melaut, Nelayan Beralih Pakai Gas

Melaut, Nelayan Beralih Pakai Gas

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA PAKAI GAS: Sebanyak 200 nelayan di Kota Mataram mendapat program konversi dari bahan bakar minyak ke gas untuk melaut.

MATARAM —Bahan bakar minyak yang biasa digunakan nelayan, telah dikonversi ke gas. Terdapat 200 nelayan, dari usulan 250 nelayan yang mendapat jatah konversi bahan bakar ke gas. “Setelah diverifikasi, hanya 200 nelayan yang memenuhi syarat,” kata Kepala Dinas Perikanan Kota Mataram. Baiq Sujihartini.
Mesin untuk konversi juga sudah datang, sebagai bantuan dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). Rencananya pada tanggal 8 Oktober akan dilakukan rapat koordinasi (rakor), kemudian hari kedua sosialisasi, dan hari ketiga serta keempat dilakukan praktek sekaligus pendistribusian perangkat konversi. “Kita minta bantuan 10 orang dari Kementerian ESDM, Pertasmina dan pihak sumber mesin untuk memberikan penjelasan saat praktek. Nelayan juga diawasi langsung,” jelasnya.
Para nelayan penerima konversi diberikan sosialisasi sekaligus diajari merakit peralatan konversi. “Para penerima ini sudah memenuhi kriteria. Kita termasuk banyak penerimanya,” imbuhnya.
“Meski akan dirakit, dipasang, dan langsung dicoba. Harus langsung jalan. Tim dari pusat akan memastikan peralatan konversi itu benar-benar berfungsi,” sambungnya.
Mengenai pasokan gas elpiji untu kebutuhan nelayan, akan ditangani langsung koperasi. Dipastikannya, elpiji nelayan beda dengan gas yang biasanya dipakai untuk keperlian rumah tangga. “Konversi ini tujuannya untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.
Mengenai bantuan serupa di tahap berikutnya, Sujihartini belum berani menjanjikan apa-apa. “Insya Allah ada,” jawabnya singkat. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here