Beranda Headline Bupati Perintahkan Kumpulkan Semua Kades

Bupati Perintahkan Kumpulkan Semua Kades

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Moh. Suhaili FT

PRAYA – Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Moh Suhaili FT memerintahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan Inspektorat untuk mengumpulkan semua Kades. Perintah ini untuk nantinya para Kades diberikan pencerahan dalam pengelolaan uang desa. ADD bahkan DD, agar bisa dipertanggung jawabkan dengan benar. Ini mengingat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah turun memeriksa 10 desa.
“Pihak BPK sudah mulai turun dengan memeriksa 10 desa sebagai samplenya. Dan akan terus berlanjut hingga desa lainnya,” tegas Suhaili di Bencingah Adiguna Praya, Jumat lalu.
Bupati mengingatkan, dengan penambahan pengelolaan ADD bahkan DD maka keuangan desa akan menjadi fokus pemeriksaan BPK mulai sekarang. Sehingga, kepada camat untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, pantau dan berikan bimbingan serta petunjuk kepada setiap desa.
Selain itu, pihaknya berharap agar camat mengkoodinir desa untuk menyiapkan dokumen Pertanggungjawaban, sehingga saat pemeriksaan semuanya tersaji dengan baik dan lengkap sehingga pemeriksaan berjalan lancar. Jika persiapan matang, maka akan mendapatkan nilai plus.
“Ini tanggungjawab bersama,” katanya.
Semetara itu, Inspektur Inspektorat Loteng, Lalu Aswatara mengaku tidak bisa menyebutkan desa mana saja yang diperiksa BPK. Karena belum ditentukan desa mana saja. Dalam pemeriksaan administrasi oleh BPK tersebut, dilakukan secara bertahap. Untuk tahapan kali ini, 10 desa yang akan diaudit.
“Nantinya juga akan diaudit semua,” bebernya.

Aswatara menjelaskan, saat dilakukan pemeriksaan BPK akan memeriksa dari tata kelola keuangan, kepatuhan desa dalam melaksanakan peraturan perundang-undangan serta bagaimana sistem pengendalian internal di desa. Sehinngga, semua desa yang akan menjadi sampel awal audit.
Selain itu, sebenarnya BPK melakukan pemeriksaan tidak akan mencari-cari kesalahan Kades. Tetapi pemeriksaan itu dilakukan bersifat membina, agar semua desa bisa memberikan kontribusi dan dalam pelaksanaan program bisa dipertanggungjawabkan sesuai dengan yang direncanakan.
“Semua dasa akan dapat giliran,” bebernya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here