Beranda Headline Silakan Cek Data Verifikasi Rumah Rusak

Silakan Cek Data Verifikasi Rumah Rusak

BERBAGI
Ist/radar mandalika MULAI DIBANGUN: Beginilah salah satu RISHA yang tengah tahap pembuatan, kemarin.

LOBAR —Proses uji publik terhadap data verifikasi kerusakan rumah terdampak gempa, masih berproses. Masyarakat diminta seksama mengecek dan memastikan data tersebut valid atau tidak. Berdasarkan hasil verifikasi, terdapat 72 ribu rumah rusak. Terdiri dari rusak ringan, sedang maupun berat. Dari jumlah tersebut, 379 kepala keluarga (KK) yang sudah memperoleh buku tabungan untuk dana bantuan stimulan. Dimana 40 KK diantaranya sudah menerima dana itu, dan sedang tahap pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) Sebab telah membentuk kelompok masyarakat (Pokmas) untuk pengerjaan dan pertanggungjawabannya.
Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Lobar, L Ratnawi mempersilakan masyarakat untuk mengecek data verifikasi tersebut. Apabila terdapat rumah yang belum terdata, masih bisa diusulkan. “Berapa pun itu bisa diusulkan,” ujarnya saat dikonfirmasi selepas mengikuti acara di DPRD Lobar, kemarin.
Dari usulan itu, tim akan kembali turun untuk melakukan verifikasi. Namun tetap mengikuti persyaratan untuk melengkapi blanko KTP, foto rumah, hingga dokumen lainnya yang dibutuhkan.
Pihaknya juga terus mendorong percepatan pembentukkan pokmas. Termasuk kepada 379 KK yang sudah menerima buku tabungan. Sampai saat ini, sudah terbentuk 16 pokmas. “Proses rehabilitasi dan rekonstruksi berbasis komunitas (Rekompak) juga sedang mempersiapkan proposal teknisnya untuk kita siapkan RAB, gambar dan syarat lainnya,” jelasnya.
Mengenai 40 unit rumah yang sedang tahap pengerjaan, sudah terbentuk pondasi untuk bangunan RISHA. Untuk satu RISHA diperkirakan pengerjaannya dua minggu. “Sekarang sudah mau naik atap,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here