Beranda Praya Metro Puluhan Peserta Pelatihan LKP Ika Salon Ikuti Ujikom

Puluhan Peserta Pelatihan LKP Ika Salon Ikuti Ujikom

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA UJIKOM: Peserta pelatihan tata rias pengantin dari LKP Ika Salon Desa Pemepek, Kecamatan Pringgarata tengah mengikuti Ujikom bekerja sama dengan TUK LKP Endah Salon, kemarin.

PRINGGARATA —Sebanyak 20 peserta pelatihan tata rias pengantin di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ika Salon Desa Pemepek mengikuti Uji Kompetensi (Ujikom), kemarin. Kegiatan ini bekerja sama dengan Tempat Uji Kompetensi (TUK) LKP Endah Salon Mataram. Pengujinya sendiri perwakilan dari Direktorat Jendral PAUD dan Dikmas pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Pimpinan LKP Ika Salon, Pastika menjelaskan, para peserta dalam Ujikom tata rias pengantin “Sasak Baku” ini dari berbagai desa di Kecamatan Pringgarata. Mereka semua sudah menjalankan kursus selama sebulan lebih di lembaga yang ia pimpin.
Sedangkan untuk dana pelatihan, yakni dari pemerintah pusat, dengan hajatan pengembangan keterampilan masyarakat. Nantinya, peserta pelatihan akan memperoleh sertifikat dari kementerian. Sehingga, ketika usai dilatih, mereka bisa mendirikan salon di tempatnya masing-masing.
“Jadi kursus di sini gratis, karena memang dananya dari pusat,” terangnya.
Selain itu, usai pelatihan, para peserta juga mendapat peralatan tata rias. Harapannya semua peserta bisa langsung memulai usahanya masing-masing.
Sementara itu, Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) LKP Endah Salon Mataram, Hj. Titik Suharto mengatakan, Ujikom dilakukan tergantung dari LKP. Artinya, jika LKP itu meminta, maka pihaknya akan turun untuk melakukan Ujikom. Hanya saja, untuk saat ini sebagian besar LKP tata rias mengajukan proposal bantuan dana pelatihan ke pusat. Sehingga pihaknya sering melakukan Ujikom bersama dengan tim dari pusat. Terutama beberapa LKP yang ada di Lombok Tengah.
“Untuk LKP tata rias yang lain, silakan lebih kreatif dan inovatif biar peserta pelatihannya bisa punya sertifikat Ujikom dari pemerintah pusat seperti ini,” jelas Titik yang juga Ketua DPD Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia Melati (HARPI) NTB ini. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here