Beranda Headline Inspektorat Audit Proyek Pasar Ganti

Inspektorat Audit Proyek Pasar Ganti

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA DIDUGA BERMASALAH: Pembangunan Pasar Ganti yang kini tengah di audit Inspektorat Loteng.

PRAYA – Inspektur Inspektorat Lombok Tengah (Loteng), L Aswatara mengaku tim sudah turun melakukan audit proyek pembangunan Pasar Desa Ganti, Kecamatan Praya Timur, Loteng.

Namun sayang, Aswatara tidak membeberkan materi apa saja yang menjadi pemeriksaan di lapangan. Hanya secara umum disampaikan bahwa tim sedang proses pemeriksaan.
“Sepertinya ini baru beberapa hari berjalan,” bebernya kepada media, kemarin.
Setelah hasil audit nantinya keluar, itu juga akan menjadi pertimbangan bagi pejabat pembuat komitmen (PPK) untuk mengambil langkah selajutnya. Jika memang hasilnya ditemukan kerugian negara yang sangat besar karena pengerjaannya masa kontrak, tentu akan diberikan sanksi yakni putus kontrak. Namun bila pengerjaannya sudah sesuai aturan, pemohon perpanjangan pekerjaan oleh pihak kontraktor selama 50 hari itu akan disetujui.
“Pelaksanan harus membayar denda setiap harinya,” katanya.
Aswatara menegeskan, surat rekomendasi dari TP4D itu menjadi dasar mereka melakukan audit. Hal itu dikarenakan TP4D banyak menemukan pelanggaran dalam proyek tersebut. Sehingga, dalam surat rekomendasi itu, tertera meminta pihaknya untuk turun melakukan audit. Tidak hanya itu, mereka meminta agar PPK melakukan pemeriksaan ke lapangan terhadap hasil yang telah dicapai hingga masa kontrak habis.
“Mereka memang di lapangan banyak menemukan temuan,” sebutnya.
Oleh karena itu, untuk kelanjutan pengerjaan pasar ini, menunggu hasil audit dari lembaga vertikal yang ia pimpin ini. Namun pihaknya berharap pengerjaan sesuai dengan aturan. Karena pasar ini, dibangun untuk pedagang yang bertujuan guna mendongkrak perekonomi mereka dan pedagang bisa bersaing dengan pasar waralaba.
“Pembangunan pasar ini memang harus diperhatikan betul,” pintanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here