Beranda Praya Metro
BERBAGI
ILUSTRASI

Fasilitasi Pemuda untuk Mandiri

PRAYA —Pemdes Montong Terep, Kecamatan Praya memfasilitasi pemudanya untuk hidup mandiri. Salah satu langkah dengan memfasilitasi pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBe) dan pelatihan keterampilan.
Kades Montong Terep, H Abdul Majid mengatakan, sejak dilantik akhir 2016 lalu, ia mulai merencanakan program sesuai visi-misinya yakni memperbanyak program pemberdayaan kepemudaan. Seperti menggelar pelatihan teknisi handphone, tata rias, mekanik sepeda motor, elektro hingga pelatihan sebagai teknisi listrik. Alhasil, kini banyak dari pemuda di Desa Montong Terep bisa membuka usaha baru. Tidak hanya itu, sebagai bentuk keseriusannya, beberapa waktu lalu Pemdes pun sudah menjalin komunikasi dengan Balai Latihan Kerja (BLK), berkaitan dengan rencana untuk membentuk BLK Desa. Jika skill dan kemampuan mereka sudah teruji, baru akan menjalin kerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).
“Saat ini kami masih pikirkan lokasi kantor yang pas, baru bisa direalisasikan,” ujarnya.
Sementara terkait pembentukan KUBe, dari 15 dusun di Desa Montong Terep, masing-masing dusun sudah memiliki KUBe yang dikelola pemuda melalui pendekatan remaja masjid. Dengan harapan, dana yang diperoleh dari usahanya bisa bermanfaat bagi masyarakat lainnya. Adapun beberapa usaha yang kini dijalankan yakni usaha produksi batako, isi ulang air minun dan beberapa usaha lainnya. Untuk membantu program ini juga, ia sudah berkomunikasi dengan instansi terkait dan DPRD melalui dana aspirasi.  (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here