Beranda Praya Metro Habiskan 2 Miliar Lebih untuk Beli Bibit Sapi

Habiskan 2 Miliar Lebih untuk Beli Bibit Sapi

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA CEK BANTUAN: Pihak Kejari Loteng saat turun melakukan monitoring dan evaluasi kepada penerima bibit sapi.

PRAYA – Dinas Pertanian Loteng melakukan pengadaan bibit sapi untuk dibagikan kepada kelompok ternak, menyedot anggaran Rp 2 miliar lebih.
Kepala Dinas Pertanian Loteng, Lalu Iskandar mengaku pengadaan bibit sapi oleh pihak ketiga. Ini juga mendapat pengawasan oleh TP4D dari Kejari Loteng dengan melakukan seleksi dan pemeriksaan terhadap ternak yang akan didistribusikan kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan yang dilakukan pihak ketiga dan penerima bantuan.
“Anggarannya sangat besar, RP 2.850.000.000,” ungkapnya. Ada 299 ekor sapi. 33 ekor sapi jantan dan 263 ekor sapi betina,” ungkapnya, kemarin.
Dalam pengadaan bibit sapi ini, akan disalurkan di sejumlah kelompok ternak. Misalnya di Desa Menemeng, Kecamatan Pringgarata. “Kalau ada yang ketahuan menjual bantuan ini, kami akan memberikan tindakan tegas,” ancamnya.

Sementara itu, Ketua TP4D Loteng, Feby Rudy menerangkan, pihaknya terus melakukan pengawalan dan monitoring dalam pelaksanaan di bidang peternakan dengan melaksanakan pemantauan pengadaan ternak sapi melalui LPSE.
Dia menyatakan, untuk jumlah pedistribusian hewan ternak hingga saat ini, baru hanya 59 ekor. Dan sisanya akan kembali disalurkan pekan depan bersama dengan TP4D. Selain itu, aturanya sebelum kelompok menerima sapi itu, hewan ternak harus diberikan obat kesehatan, baik obat cacing maupun lainnya.
“Kami akan terus mengawasi sapi itu,” janji Feby. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here