Beranda Praya Metro Dinas Pertanian Klaim Stok Pupuk Aman

Dinas Pertanian Klaim Stok Pupuk Aman

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA CEK PUPUK: Anggota TNI saat mengecek pupuk di salah satu pengecer.

PRAYA — Dinas Pertanian Loteng melalui Kabid Sarana, Perasarana Pertanian (SPP) Zaenal Arifin mengklaim stok pupuk bersubsidi sampai akhir tahun 2018 aman.
Zaenal menyampaikan, musim tanam untuk tahun ini akan segera tiba, sehingga pihaknya sudah menegaskan untuk semua stakholder agar segera mempersiapkan kebutuhan petani, khususnya pupuk bersubsidi sesuai alokasi yang ada.
“Musim tanam akan segera datang. Kami sudah mulai menyiapkan pupuk untuk para petani dari sekarang,” tegasnya di ruang kerja, kemarin.
Zaenal menyatakan, berdasarkan keputusan kepala Dinas Pertanian Provinsi NTB, alokasi pupuk bersubsidi di Loteng tahun ini mengalami penambahan. Untuk urea 28.060,75 ton. SP-36 sebanyak 6.343,59 ton. NPK sebanyak 6.962,75 ton. ZA 3.524,48 ton dan organik 2.005,64 ton. Dan sisa stok yang masih hingga akhir tahun ini, sebanyak 13 ton.
“Dengan alokasi pupuk tersebut, untuk jenis pupuk urea, ZA dan Organik diperkirakan akan cukup sampai akhir tahun,” ujarnya.
Zaenal mengungkapkan, misalnya di kecamatan mengalami kekurangan, maka sewaktu- waktu dapat dilakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Melalui alokasi pupuk bersubsidi antar kecamatan.
“Agar penyaluran pupuk terjamin kelancaranya, pengecer wajib memiliki permodalan yang cukup,” tegasnya.
Selain itu, nantinya jika pengecer terbukti memiliki modal yang tidak cukup, sehingga menghambat pelayanan dalam kelompok tani, harus mengumpulkan dana dari kelompok tani untuk melakukan penebusan pupuk. Maka produsen dan distributor akan melakukan evaluasi kepada yang bersangkutan.
“Sehubungan dengan keluhan pengecer yang harus menyediakan pupuk non subsidi di kios, maka ditegaskan oleh produsen bahwa pengecer hanya diwajibkan untuk menyediakan stock pupuk non subsidi sebanyak 500 kg untuk semua jenis pupuk. Jadi bukan satu jenis pupuk yang disediakan itu,” jelasnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here