Beranda Praya Metro Desa Mertak Jadi Kampung KB

Desa Mertak Jadi Kampung KB

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PEMBUKAAN: Suasana pembukaan pencanangan Kampung KB di Dusun Awang, Desa Mertak, Kecamatan Puju, kemarin.

PUJUT —Desa Mertak kini ditetapkan menjadi salah satu Kampung Keluarga Berencana (KB) oleh pemerintah pusat. Program ini dihajatkan guna memberdayakan masyarakat, khususnya dalam penanganan penyakit stunting (masalah kurang gizi).

Kepala Desa Mertak, H Bangun mengatakan, pencanangan Kampung KB di desa yang dipimpinnya tidak serta merta terwujud. Namun hal ini berdasarkan penilaian langsung dari pemerintah pusat. Beberapa program yang akan menyentuh Desa Mertak, salah satunya memberikan edukasi ke ibu hamil agar anak-anak jadi sehat dan terhindar dari gizi buruk.
“Dari 24 dusun di Mertak, sebanyak 87 anak mengalami kekurangan gizi. Ini pun menjadi perhatian Pemdes dan pemerintah pusat,” ujarnya.
Di samping itu, dalam program ini nantinya Desa Mertak bakal diberikan dana pendampingan sebagai Kampung KB yakni Rp 100 juta per tahun dari pemerintah pusat. Selain itu ada pula bantuan pembangunan puluhan jamban gratis bagi warga, renovasi 25 unit rumah tak layak huni serta pembinaan secara berkelanjutan.
“Program seperti ini sangat kami dukung karena warga secara tidak langsung merasa diperhatikan,” tandasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here