Beranda Headline 39 Cakades di Jonggat Deklarasikan Pilkades Damai

39 Cakades di Jonggat Deklarasikan Pilkades Damai

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA PILKADES DAMAI: Seluruh Cakades dan Panitia Pilkades se Kecamatan Jonggat mengikuti deklarasi Pilkades damai di aula kantor camat setempat, kemarin.

JONGGAT —Sebanyak 39 calon kepala desa (Cakades) di Kecamatan Jonggat mendeklarasikan Pilkades Damai, kemarin. Deklarasi ini juga diikuti oleh panitia pengawas (Panwas) kecamatan dan seluruh panitia Pilkades di 11 desa yang melaksanakan Pilkades.
Ketua Panwas Kecamatan Jonggat, Muhammad Syukur mengungkapkan, dengan adanya deklarasi Pilkades Damai ini ia berharap tidak ada gejolak di tengah-tengah masyarakat. Sehingga tahapan-tahapan Pilkades ke depannya bisa terus berjalan dengan aman dan lancar. Selain itu, kebersamaan ini diharapkan juga bisa sebagai pemicu untuk menciptakan kondusifitas di tengah masyarakat.
“Cakades juga harus bisa mengendalikan pendukungnya untuk tidak terlalu banyak berkomentar, khususnya di medsos yang bisa memancing polemik baru dan persepsi negative,” pesannya.
Kemudian dalam berkampanye lanjut Syukur, hendaknya Cakades dan timses memperhatikan regulasi yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 9 tahun 2018 Pasal 13 dan 14. Dalam Perbup tersebut dijelaskan larangan bagi tim kampanye untuk kampanye hitam dan politik uang.
“Saya berharap semua Cakades siap kalah dan siap menang. Terima segala hasil Pilkades dengan tulus dan ikhlas. Seperti semboyan panitia, Kalah terhormat, menang bermartabat,” seru pria yang juga Camat Jonggat ini.
Syukur juga menambahkan, Pilkades adalah proses untuk mencari pemimpin, bukan tujuan dari demokrasi. Untuk itu, ia mengajak semua masyarakat bersama-sama melaksanakan Pilkades dengan damai. Sebab kesuksesan Pilkades bukan terletak dari suksesnya seseorang menjadi kades, akan tetapi juga dilihat dari proses Pilkades itu sendiri.
Sementara itu, Ketua FKD Loteng, Sahim sekaligus Cakades Nyerot mengaku jika deklarasi Kampanye Damai yang dilakukan Kecamatan Jonggat ini cukup bagus. Ia pun berharap hal ini bisa ditiru kecamatan lainnya di Loteng.
“Pada momen ini menjadi ajang satukan tujuan dan sikap untuk mewujudkan Pilkades damai,” pungkasnya.
Untuk diketahui, 11 desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun ini di Kecamatan Jonggat yakni Desa Barejulat, Ubung, Labulia, Batutulis, Perina, Pengenjek, Nyerot, Sukarara, Gemel, Bonjeruk dan Desa Bunkate. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here