Beranda Headline Selamat Menjalankan Tugas Syamsul Rijal

Selamat Menjalankan Tugas Syamsul Rijal

BERBAGI
JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA DILANTIK: Ketua DPRD NTB, Baiq Isvie Rupaeda saat melantikan PAW, anggota Fraksi Hanura, H Syamsul Rijal, kemarin di Mataram.

MATARAM – Ketua DPRD NTB, Baiq Isvie Rupaeda mengambil sumpah jabatan Pergantian Antra Waktu (PAW), H Syamsul Rijal sisa masa jabatan 2014-2019 kemarin di Mataram. Ketua DPD Hanura itu, diambil sumpahnya menggantikan Rumaksi sebagai anggota DPRD provinsi NTB. Rumaksi mengundurkan diri sebagai anggota DPRD NTB karena maju dalam kontestasi di Pilkada Lombok Timur 2018.

Ketua DPRD Provinsi NTB, Baiq Isvie Rupaedah mengatakan, PAW tersebut sudah sesuai dengan Undang – Undang nomor 2 tahun 2018 pasal 29 ayat 1, bahwa PAW dilakukan karena tiga hal anggota dewan meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan oleh partainya.

“Dan yang bersangkutan Rumaksi mengundurkan diri karena maju di Pilkada Lombok Timur,” katanya.

Isvie berpesan, Syamsul Rijal sebagai anggota DPRD NTB baru, diharapkan bisa menyalurkan dan memperjuangkan apa menjadi kepentingan aspirasi dari konstituen tersebut. Baginya, sebagai anggota DPRD NTB, Syamsul Rijal adalah representatif dari masyarakat diwakili tersebut.

Oleh karena itu, sebagai anggota legislatif bersangkutan harus pro aktif dalam menjaring dan menyuarakan aspirasi konstituen tersebut.

“Sebagai anggota legislatif yang bersangkutan harus bisa bersinergi dengan eksekutif sebagai mitra, dalam mendukung pembangunan” terangnya.

Dia menambahkan, Syamsul Rijal sebagai anggota DPRD NTB, dituntut harus mampu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab diembannya.

Ada tiga tugas dan fungsi legislatif bertugas untuk menyusun legislasi atau Peraturan daerah, menyusun anggaran serta pengawasan terhadap perjalanan roda pemerintahan.

Dengan demikian, Syamsul Rijal diharapkan bisa secara cepat menyesuaikan diri dan beradaftasi dengan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota DPRD NTB.

Sehingga sinergitas tetap terjalin dan terkoordinasi dengan baik, antara legislatif dan eksekutif dalam merumuskan dan mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di NTB.

“Dengan begitu, produk kedewanan dihasilkan pun berkualitas dan berikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, H Syamsul Rijal mengatakan, dengan pengalaman dirinya tiga periode sebagai anggota DPRD kota Mataram, tentunya dirinya akan cepat menyesuaikan diri dan beradaftasi dengan tugas dan tanggung jawab kedewanan diembannya.

“Dengan pengalaman kita miliki, insya Allah kita cepat menyesuaikan,” kata Rijal.

Terkait SK PAW dua anggota DPRD NTB dari Partai Hanura maju nyaleg lewat Parpol berbeda. Rijal menyampaikan, dari informasi diperoleh pihaknya, SK PAW itu sudah ditandatangani Menteri Dalam Negeri, dan sekarang SK tersebut tinggal diambil kemendagri.

“SK PAW itu tinggal diambil di Kemendagri,” tutupnya. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here