Beranda Headline Pembangunan Sentra Rotan Sedot 10 Miliar

Pembangunan Sentra Rotan Sedot 10 Miliar

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Hj Baiq Aini

PRAYA — Proyek pembangunan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) rotan di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur akan menyedot anggaran APBN sebesar Rp 10 miliar.
Kabid Perindustrian di Disperindag Loteng, Hj Baiq Aini menegaskan, pembangun sentra rotan dari Kementerian Perindustrian akan mulai dibangun tahun 2019. Untuk bagaimana pembangun gedung sentra itu, pihaknya masih belum mengetahuinya, karena Pemkab hanya menyiapkan lahan untuk pembangunan sentra tersebut. Dimana, para pengerajin rotan juga menyambut positif rencana ini.
“Kami memilih Desa Sengkerang karena paling pas,” ungkapnya, kemarin.
Sebagai bentuk keseriusan pembangun sentra itu, pihak kementerian sendiri sudah mendatangi dirinya untuk melihat lahan terkait produksi rotan dan ketek tersebut untuk dibangun Industri. “Jauh sebelumnya sudah kita damping kementerian untuk melakukan survei uji kelayakan dalam mengembangkan kerajinan tersebut,” ceritanya.
Aini menyampaikan, hasil kerajinan satu ini sejak dulu diperlukan, sekarang sudah mampu memberikan dampak untuk mengurangi tingginya angka pengangguran di Loteng sendiri. “Kementerian meminta adanya industeri besar yang akan menampung semua hasil kerajinan rotan dan ketak ini,” tambahnya.
Aini mengaku, sentra kerajinan rotan dan ketek atau yang sering disebut kerajinan roket tersebut, sudah tersebar diberbagai wilayah. Seperti di Janapria, Sengkerang dan Desa Beleka. Sehingga, nantinya lokasi kerajinan tersebut akan digabung menjadi satu industri yang dibuat oleh kementerian.
“Masterplannya dari kementerian dan dibangunya industeri tersebut sebagai salah satu upaya pemerintah untuk melakukan pengembangan,” ujarnya.
Dia mengaku, hasil produksi dari IKM nantinya khususnya rotan ini baik juga menopang keberadaan KEK Mandalika. Sehingga, dari dinas sendiri tetap memaksimalkan pembinaan berupa pemberian pelatihan agar nantinya para pelaku usaha tersebut bisa bersaing dengan para pengusaha luar yang datang.
“Untuk IKM yang kita miliki juga semakin hari kian menunjukan kemajuan yang signifikan,” katanya.

Sementara itu, Kades Sengkerang Ibunuzir menerangkan, bahwa akan dibangun pasar seni di desa yang ia pimpin. “Sudah dilakukan sosailiasi kepada masyarakat,” ceritanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here