Beranda Headline Pasar Mujur Makin Semrawut

Pasar Mujur Makin Semrawut

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA BERJUALAN: Salah satu pedagang di Pasar Mujur menjajakan jualannya, kemarin.

PRATIM —Memprihatinkan, itulah kata yang tepat ketika kita berada di Pasar Muju, Kecamatan Praya Timur. Meski setiap hari di pasar ini sangat banyak aktifitas jual beli, namun di balik keramaian tersebut ternyata tempat ini sangat kumuh.
Banyaknya pedagang yang memilih berdagang di tepi jalan yang mengakibatkan terganggunya pengguna jalan. Belum lagi persoalan sampah yang tidak terbendung dan menjadi penyebab terjadinya banjir hampir setiap tahun.
Kondisi ini pun diakui Sekdes Mujur, Mahrup. Kata dia, hampir tiap tahun banjir di Pasar Mujur terjadi, bahkan meluber ke pemukiman warga.
“Kan retribusi Pasar Mujur ke Pemkab, makanya kita angkat tangan. Tapi kita ada tawarkan, bagaimana kalau Pemkab membangun pasar rakyat di tanah pecatu di Dusun Santong. Di sana kan ada lahan 9 hektare,” sarannya.
Namun karena merupakan pasar rakyat, ia berharap jika Pemdes yang menarik retribusi, namun tidak akan memberatkan para pedagang. Ia mencontohkan, jika retribusi pedagang di Pasar Mujur Rp 2 ribu sehari, maka di pasar rakyat nantinya hanya seribu sehari.
“Ini kan bisa jadi PADes kami nanti. Lagian kalau dikelola Pemdes, kan kita pasti akan tanggungjawab, termasuk terhadap kebersihannya,” ungkapnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here