Beranda Lombok Barat Basarnas Antisipasi Kepadatan Pelayaran di Lembar

Basarnas Antisipasi Kepadatan Pelayaran di Lembar

BERBAGI

LOBAR —Kepadatan penyeberangan di perairan Lembar, menjadi Basarnas Mataram. Apalagi sudah terjadi beberapa kasus kecelakaan kapal di perairan Lembar. Untuk itu, Basarnas Mataram menggelar rapat koordinasi bersama Pemkab Lobar, perwakilan TNI/Polri dan swasta.
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR) Mataram, I Nyoman Sidakarya mengatakan, rapat koordinasi ini untuk mengantisipasi kepadatan pelayaran di Lobar. Terutama kaitannya dengan kunjungan wisatawan asing.
Alurnya masih tetap menggunakan pelabuhan Lembar. “Kita di NTB memiliki tiga pos yakni Bima, Sumbawa dan Lombok Timur. Ttermasuk pos siaga kita yang di Bangsal,” sebutnya.
Pihaknya juga sedang mendirikan pos khusus di Sumbawa. Sedang untuk armada, disiapkan kendaraan Rubber Boat. Serta tujuh personel disiagakan di posko tersebut. “Wilayah sasarannya meliputi Sail Moyo,” sambungnya.
Mengenai kasus kecelakaan, baru-baru Basarnas berhasil mengevakuasi kapal latihan yang dipergunakan SMK Pelayaran. Sedangkan untuk penyelamatan manusia, terakhir dua orang tamu dari Korea yang tenggelam.
“Kapal ini mati mesin. Semua selamat, dan kapal ditarik ke pinggir pelabuhan,” terangnya.
Bupati Lobar, H Fauzan Khalid, mengapresiasi penanganan yang dilakukan Basarnas atas berbagai kejadian. Tiap bulan, sekitar 300 kapal melintasi seluruh perairan Pulau Lombok. Lebih khusus di pelabuhan Lembar yang menjadi pintu masuk kapal. Dampaknya, jadwal perairan semakin padat. Hal ini menjadi atensi, karena kemungkinan terjadinya kecelakaan di perairan. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here