Beranda Lombok Barat Tahapan Pilkades Segera Dimulai

Tahapan Pilkades Segera Dimulai

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Kusuma Supake

LOBAR —Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018, segera dimulai. Sebanyak 77 desa dari 119 desa di Lombok Barat (Lobar), akan mengikuti pesta demokrasi itu.
Sosialisasi terkait regulasi Peraturan Bupati (Perbup) nomor 19 tahun 2018 akan digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lobar. Termasuk tahapan pelaksanaan Pilkades dari bulan Oktober hingga Desember. Mulai dari pembentukan panitia, penetapan DPT, pendaftaran calon hingga nantinya proses pemungutan suara dan penetapan.
“Kita akan sosialisaikan hari Rabu dan Kamis di aula, kepada BPD, dan kepala desa yang desanya ikut Pilkades,” ujar Kabid Pemerintah Desa DPMD Lobar, Kusuma Supake di ruang kerjanya, kemarin.
Sejauh ini, sudah ada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang membentuk panitia Pilkades. Bagi desa yang belum, disarankan untuk segera membentuknya.
Selepas sosialisasi itu, panitia Pilkades akan mulai menyusun beberapa agenda. Mulai penyusunan pembiayaan, daftar pemilihan sementara (DPS), DPT, penjaringan, penetapan calon hingga pelaksanaannya. Bahkan sudah ada Surat Keputusan (SK) Bupati, yang menetapkan 10 Desember menjadi hari pemungutan suara. “Itu juga akan kita sosialisasikan,” ujarnya.
Terkait pendaftaran peserta, untuk satu desanya hanya boleh maksimal 5 calon. Jika melebihi dari 5, akan digelar seleksi di tingkat kabupaten, sampai memperoleh 5 calon. Seleksi akan dilakukan di tingkat panitia desa. Dengan melihat indikator pengalaman peserta pada pemerintah desa, beserta pendidikannya.
Ketika nanti masih ada yang sama hasil seleksinya, maka akan dibawa ke kabupaten untuk dilakukan seleksi tertulis. “Pengalaman kita tahun yang lalu, kita terbuka untuk hasil tesnya. Mereka saling periksa sendiri dan langsung diumumkan,” ungkapnya.
Sesuai draf jadwal BPMD, pendaftaran calon akan dimulai pada minggu kedua sampai keempat di bulan Oktober. Jadwal itu akan disampaikan kepada panitia untuk menyusun jadwal pendaftaran di tingkat desa.
Pihaknya tengah berusaha menyesuaikan untuk menyamakan seluruh jadwal pendaftaran peserta Pilkades. Sehingga pendaftaran bisa dilakukan serentak. “Itu yang kita coba rancang tanggalnya. Supaya persis sama, dan itu akan kita sosialisasikan,” jelasnya.
Sebelumnya, Asosiasi Kepala Desa (Akad) Lobar menyarankan agar menguatkan lembaga sengketa Pilkades. Mengingat kemungkinan banyaknya peserta yang akan menginkuti Pilkades. Kemungingkinan banyak pula sengketa yang muncul.
Menanggapi itu, Supake mengatakan, divisi sengketa sudah dipersiapkan dalam panitia kabupaten. “Kita ada sekitar 29 orang panitia di kabupaten, terbagi atas divisi-divisi,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here