Beranda Kriminal Pemetik dan Penadah Motor Curian Dikerangkeng

Pemetik dan Penadah Motor Curian Dikerangkeng

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA HASIL PENANGKAPAN: Kasat Reskrim Polres Loteng saat memberikan keterangan pers, kemarin.

PRAYA — Selama sebulan beroperasi, Satreskrim Polres Lombok Tengah (Loteng) berhasil menangkap (Dikerangkeng, Red) pelaku yang sebagai pemetik dan penadah motor hasil curian. Kemarin, hasil penangkapan ini disampaikan kepada awak media. Total pelaku yang ditangkap tujuh orang. Dari tujuh itu ada pemetik dan penadah juga.
Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang mengungkapkan, bahwa para pelaku merupakan pemain lama yang merupakan sindikat antar kabupaten, bahkan ada juga pelaku yang merupakan pelaku yang pernah mencuri senjata api milik anggota Polres Lombok Timur.
“Tujuh pelaku ini, kita amankan dalam kasus yang berbeda- beda. Kebanyakan para pelaku ini merupakan kasus penadah,” terang Rafles P Girsang.
Para pelaku yang berhasil diamankan itu yakni, Sarudin, Amak Gian, warga Dusun Dasan Baru Desa Beleka, Kecamatan Praya Timur, Ridi alias Redy, Munawar alias Ayak, Bale alias Amak Yen, Dante dan inisial AK.
Dia menjelaskan, untuk pelaku Sarudin, Amak Gian merupakan penjahat kelas kakap berhasil dibekuk oleh aparat gabungan Satreskrim dan Satnarkoba Polres, Sabtu (1/9). Selain itu, dia diketahui sebagai penadah terhadap kendaraan bermotor hasil curian yang sering terjadi di wilayah Lombok dan berbagai laporan kepolisian sudah masuk karena ulahnya. Salah satunya laporan Polisi No.Pol. LP/09/I/2018/NTB/Res, Lombok Tengah, pada 06 Januari 2018. Namun, karena tergolong lihai kemudian pelaku masuk sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) /04/II/2018/ Res Loteng, 6 Februari 2018.

Untuk Ridi alias Redy, 28 tahun warga Dusun Tebuak Desa Tumpak Kecamatan Pujut yang diamankan Kamis (6/9) sekitar pukul 22.00 Wita oleh satgas pemberatasan kejahatan jalanan. Ia ditangkap berdasarkan Laporan Polisi LP/ 396/ IX / 2018/ NTB/Res.Loteng pada 05 September 2018 karena kasus Cunmor dengan korban wisatawan asing asal Negara Inggris yakni, Lavinia Cordelia Frances Tres yang terjadi di jalan raya tepatnya tanjakan Jurang Tebatak Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat.
Selain itu ada juga Munawar Ayak, 65 tahun warga Dusun Lokon Desa Mujur dan Baleh Alias Amak Yen, 38 tahun,warga Dusun Aur Manis Desa Bilelando, Kecamatan Praya Timur yang merupakan pendah. Bahkan salah seorang dari pelaku diamankan saat sedang pesta Narkoba bersama teman- temanya.
Sementara yang terakhir Dante. Nyawa pria 25 tahun asal Dusun Baturiti Desa Kuta ini nyaris melayang setelah yang bersangkutan kepergok oleh warga sedang melakukan pecurian kendaraan milik Kesim 35 tahun, warga Dusun Rangkap I, Desa Kuta.
“Tujuh orang pelaku ini kebanyakan dari Praya Timur,” sebutnya.
Atas perbuatan para pelaku kini diancam dengan pasal 480 dan 363. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here